Bantu Disabilitas Dapatkan Kaki Palsu

Bantu Disabilitas Dapatkan Kaki Palsu

radartasik.com, GARUT KOTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut memberikan bantuan berupa kaki palsu kepada enam warga disabilitas. Bantuan tersebut merupakan program Garut Sehat.


“Kita berikan bantuan kaki palsu ini kepada masyarakat difabel yang membutuhkan kaki palsu supaya bisa lancar kembali jalannya,” ujar Wakil Ketua III Bidang Perencanaan Baznas Garut Rd H Hendi Muhyidin kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Hendi menerangkan, untuk mendapatkan bantuan kaki, masyarakat cukup datang ke Baznas dan mengajukan bantuan. “Terkait prosedur mendapatkan bantuan kaki palsu ini seperti biasa, mengajukan kepada Baznas nanti kami kesana untuk melihat keperluan seperti apa? Selanjutnya kami akan menghubungi pembuat kaki palsu,” ujarnya.

Menurut dia, pemberian kaki palsu rutin dilakukan Baznas Garut. Minggu ini saja, ada tiga orang yang mendapatkan bantuan.

“Kalau selama sebulan sudah ada enam orang yang mendapatkan bantuan kaki palsu. Penerimanya itu berasal dari berbagai wilayah di Garut,” ujarnya.

Hendi berharap melalui program Garut Sehat, masyarakat khususnya penyandang disabilitas terbantu. “Kami berharap semoga dengan bantuan ini bisa bermanfaat untuk mereka. Dengan kaki palsu diharapkan mereka bisa beraktivitas kembali seperti biasa,” ujarnya.

Husni (19), salah satu penerima kaki palsu asal Desa Ciudian Kecamatan Singajaya mengaku terbantu dengan bantuan kaki palsu. “Sebelumnya saya tertabrak sepeda motor saat turun dari angkot di Bandung. Selanjutnya kaki saya harus dipotong dan penabrak sampai saat ini tidak berhasil ditangkap,” ujarnya. Kejadian kecelakaan lalu lintas yang dialaminya sudah lebih dari setahun.

Saat ini Husni bisa sedikit gembira karena sudah tidak lagi mengandalkan jangka untuk berjalan. “Yang jelas saya mengucapkan terima kasih ke Baznas Garut,” katanya.

Maman (70) asal Kecamatan Bayongbong. Ia menyebutkan kaki kirinya terpaksa diamputasi karena memiliki penyakit diabetes. “Setahun yang lalu kaki saya terluka lalu dokter memotongnya. Alhamdulilah sekarang Baznas memberikan bantuan,” ujarnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: