Vaksin Usia 6-11 Tahun Belum Dimulai di Kota Tasik

Vaksin Usia 6-11 Tahun Belum Dimulai di Kota Tasik

Radartasik.com, KOTA TASIK - Vaksinasi Covid-19 untuk usia 6-11 tahun, hingga kini belum tersedia untuk warga Kota Tasikmalaya. Hal itu dikarenakan capaian vaksinasi dosis pertama untuk seluruh kategori belum mencapai 70 persen dan lansia masih di bawah 70 persen.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya, Asep Hendra Hendriana membenarkan hal tersebut. 

"Belum ada persiapan apa pun untuk vaksin usia 6-11 tahun. Itu untuk kabupaten dan kota hanya beberapa saja informasinya. Di Jabar hanya 9 daerah," ujar Asep kepada radartasik.com, Selasa (14/12/21). 

"Wilayah kita tak masuk. 9 daerah itu adalah Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Ciamis, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi dan Kota Depok," sambungnya.

Launching vaksinasi kategori usia ini memang sudah dilakukan di Kota Depok hari ini. "Tapi ya 9 daerah itu pelaksana tahap pertama vaksin usia dini," terangnya.

Penentuan 9 daerah yang memulai vaksinasi usia 6-11 tahun ini dilakukan Kemenkes. Dalam surat Kemenkes hal itu berdasarkan hasil kajian dan rekomendasi Komite Ahli Penasehat Imunisasi Nasional. “Maka dimulai vaksin usia 6-11 di daerah tersebut," bebernya.

Selain itu, tambah Asep, juga sesuai rekomendasi kabupaten dan kota yang cakupan vaksinasinya lebih dari 70 persen untuk vaksin dosis pertama dan cakupan vaksin lansia melebihi 60 persen.

"Kita kan belum mencapai angka itu. Kota Tasik masih fokus di masyarakat umum dan lansia. Totalnya baru mencapai 69,4 persen per hari ini dan lansia 55 persen per hari ini," tambahnya.

Kota Tasik masih harus mengejar 2500 sasaran untuk mencapai target angka 70 persen. "Target kita Insya Allah Desember tercapai," jelasnya. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: