Korban Banjir Bandang Garut Kembali ke Rumah, Aktivitas Mulai Normal

Korban Banjir Bandang Garut Kembali ke Rumah, Aktivitas Mulai Normal

radartasik.com, SUKAWENING — Aktivitas masyarakat di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah mulai kembali normal. Warga yang sebelumnya menempati tempat pengungsian, kini mulai kembali ke rumahnya masing-masing.


“Sekarang warga sudah kembali ke rumah masing-masing. Tidak lagi di pengungsian,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

Saat ini pihaknya masih melakukan penanganan pascabencana dengan bersinergi dengan instansi terkait lainnya. Terutama dalam perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana banjir bandang.

Sementara untuk kondisi saat ini, kata dia, sudah kembali normal. Warga juga sudah melakukan aktivitas seperti biasanya, seperti bertani dan kegiatan lainnya. “Yang punya warung sudah ngewarung, yang sudah ada ini tv-nya sudah jalan lagi,” ujarnya.

Meski kondisi sudah kembali normal, dirinya meminta masyarakat tetap waspada. Pasalnya, saat ini masih masuk musim hujan. “Ketika musim hujan, potensi terjadinya bencana hidrometeorologi di Kabupaten Garut akan semakin tinggi,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan Pemkab Garut sudah menetapkan status siaga bencana hingga 1 April 2022. Hal itu karena musim hujan seluruh wilayah Kabupaten Garut rawan bencana.

Rudy mengaku sudah menginstruksikan Sekretaris Daerah Garut sebagai Kepala Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Nurdin Yana untuk melakukan sosialisasi. “Sosialisasi sampai ke tingkat RT dan RW di pusat-pusat bencana bahwa sekarang kita sedang dalam keadaan waspada, klasifikasinya waspada ya, kalau gunung api kan awas,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: