Terpapar Paham NII, Diedukasi Kebangsaan

Terpapar Paham NII, Diedukasi Kebangsaan

radartasik.com, GARUT KOTA — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan edukasi kebangsaan kepada 20 warga yang terpapar paham Negara Islam Indonesia (NII). Kegiatan itu digelar di SDN Sukamentri 3-4-5 Garut, Sabtu (11/12/2021).


“Saya tadi jadi guru di sebuah kelas kepada 20 orang yang terpapar paham NII,” kata Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Saat itu, dirinya memberikan pemahaman tentang pentingnya menghargai perbedaan dan melihat ke-bhineka-an sebagai rahmat bukan sebagai kebencian. “Pancasila adalah kesepakatan untuk membangun rumah Indonesia yang lestari,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, para remaja di Desa Sukamentri terpapar paham radikalisme NII karena sejumlah faktor seperti pengetahuan agama minim, pendidikan hingga persoalan ekonomi. “Itu nyata, oleh karena itu saya turun langsung jadi guru untuk mengembalikan mereka ke dalam paham ideologi Pancasila yang kuat,” tuturnya.

Emil ingin respon yang cepat mengembalikan ideologi Pancasila kepada warga yang terpapar. “Jangan sampai kita hanya jadi pemadam kebakaran, yang saat ada kejadian baru kita merespons. Tapi kita menyemaikan bibit-bibit supaya mereka jadi pohon yang kuat dalam menaungi Pancasila,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: