Angela Merkel Pensiun Setelah Empat Periode Jabat Kanselir Jerman

Angela Merkel Pensiun Setelah Empat Periode Jabat Kanselir Jerman

Radartasik.com, JAKARTA — Angela Merkel resmi melepaskan jabatannya sebagai kanselir Jerman. Ia telah 16 tahun memegang jabatan itu. Kini ia menyerahkan jabatan kanselir kepada politisi Olaf Scholz.

AFP melaporkan Angela Merkel telah meninggalkan kantornya di Berlin dengan iring-iringan mobil. Merkel yang menggunakan masker duduk di belakang mobil Audi seraya karyawan kanselir bertepuk tangan untuknya setelah empat masa jabatan berturut-turut.

Olaf Scholz dilantik sebagai kanselir Jerman pada hari Rabu (8/12/2021) waktu setempat, mengakhiri 16 tahun pemerintahan konservatif Angela Merkel dan membuka jalan bagi pemerintah koalisinya yang berjanji untuk meningkatkan investasi hijau dan memperkuat persatuan Eropa.

Scholz yang berusia 63 tahun. Sebelumnya, selama empat tahun terakhir, menjabat sebagai wakil kanselir dan menteri keuangan dalam koalisi bersama Merkel. Ia memenangkan mayoritas 395 suara dari anggota parlemen.

Ia lantas kembali ke gedung Reichstag yang bersejarah di jantung Ibu Kota Jerman untuk disumpah jabatan di depan anggota parlemen dan menjadi kanselir kesembilan Jerman sejak akhir Perang Dunia II.

Di momen tersebut Scholz bersumpah untuk mengabdikan tenaganya untuk kesejahteraan rakyat Jerman.

Dalam pidato singkatnya, Scholz memuji Merkel sebagai kanselir yang hebat dan berterima kasih padanya untuk hubungan yang dekat dan saling percaya selama beberapa tahun terakhir.

”Saya ingin membangun mentalitas Jerman timur laut, jika boleh saya katakan demikian, yang telah berkuasa di sini sejauh ini. Tidak banyak yang akan mengubahnya dalam hal ini,” kata Scholz. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: