Hujan dan Angin Kencang Terjang Kota Cirebon, Pohon dan Baliho Roboh, Rumah Warga pun Alami Kerusakan

Hujan dan Angin Kencang Terjang Kota Cirebon, Pohon dan Baliho Roboh, Rumah Warga pun Alami Kerusakan

Radartasik.com, CIREBON - Hujan yang disertai angin kencang yang menerjang Kota Cirebon pada Jumat malam hingga Sabtu dini hari (3-4/12/2021) telah menimbulkan kerusakan fasilitas publik dan rumah di mana-mana.

Dari pendataan sementara, kerusakan paling banyak disebabkan pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik. Tak hanya itu beberapa rumah warga juga dilaporkan rusak ringan hingga berat dikarenakan dampak dari cuara buruk maupun tertimpa pohon.

Dua buah baliho di Jalan Tentara Pelajar pun dilaporkan roboh karena terjangan angin kencang. Kerusakan juga terjadi di papan nama Toko Rabbani di Jl Cipto Mangunkusumo.

Papan nama Rabani di Jl dr Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon rusak karena diterjang angin kencang. Foto: Yuda Sanjaya/radarcirebon.com

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengatakan, setelah diinventalisir, ada sekitar 20-an titik pohon tumbang. Saat ini, lanjutnya, petugas gabungan dari BPBD, DPRKP, Satpol PP, Linmas, Kepolisian, DLH, Dishub hingga warga tengah melakukan langkah-langkah evakuasi.

Lantaran banyaknya pohon tumbang, sampai siang ini proses evakuasi belum selesai. “Saat ini, kami tengah melakukan pembersihan pohon tumbang. Kita prioritaskan jalan-jalan protokol lalu jalan lainnya,” kata Sekda saat melakukan monitoring.

Dia melanjutkan, setelah pohon-pohon yang tumbang itu dibersihkan dan ditata rapih kembali. Mobilisasi untuk mengangkut kayu pun segera dilakukan.

“Armada milik tiap dinas kita siagakan untuk membantu mobilisasi sisa-sisa pohon secara bertahap,” tambahnya.

Rumah warga di Jl Cangkring, Kelurahan Kejaksan Kota Cirebon tertimpa pohon. Foto: Dedi Haryadi/radarcirebon.com

BENCANA HIDROMETROLOGI

Sekda yang akrab disapa Gus Mul ini meminta masyarakat untuk bersabar dalam proses evakuasi ini, mengingat banyak titik lokasi pohon tumbang dan personel yang terbatas. “Kita sudah bergerak dan prosesnya dilakukan secara bertahap, harap masyarakat bersabar,” terangnya.

Sebagai langkah preventif, sebenarnya dari dinas terkait sudah melakukan upaya pemotongan pohon dan ranting yang berada di jalan-jalan protokol guna mencegah terjadinya bencana ini.

Untuk itu, program ini akan diintensifkan agar tidak terjadi bencana serupa. Kemudian, dia pun meminta kepada para camat untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga tentang kewaspadaan bencana di musim hujan ini.

Pohon tumbang di Jalan Tentara Pelajar Kota Cirebon. Foto: Okri Riyana/Radar Cirebon

Selanjutkan, mengaktifkan posko penanganan bencana dan melakukan monitor pelaksanaannya pasca bencana ini. “Bencana hidrometeorologi sudah ada di depan mata dan kita perlu waspada,” pungkasnya.

Sementara itu Khaerul Bahtiar dari BPBD Kota Cirebon mengungkapkan, banyak sekali pohon yang tumbang. Di Jl Cipto Mangunkusumo saja, terdapat 5 pohon yang roboh. “Data belum akurat, masih banyak yg belum tertangani oleh petugas karena sangat banyak. Kita masih mengusahakan,” tuturnya. (yud/rdh/abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: