Bantuan untuk Korban Bencana Segera Cair

Bantuan untuk Korban Bencana Segera Cair

radartasik.com, TAROGONG KIDUL — Pemerintah Kabupaten Garut akan segera memberikan bantuan untuk korban bencana banjir banding di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Nurdin Yana.


“Bantuan ini akan segera dicairkan dan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang yang di dua kecamatan,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Bantuan, kata dia, akan secepatnya diserahkan kepada korban bencana setelah Bupati Garut H Rudy Gunawan menginstruksikan penyaluran bantuan. “Pak bupati mintanya dipercepat (penyerahan bantuan), kita secepatnya akan diproses,” ujarnya.

Nurdin menerangkan, jumlah bantuan yang akan diserahkan kepada masyarakat yang terdampak bencana besarannya tidak sama, dari mulai Rp 1 juta hingga Rp 50 juta. “Untuk bantuan Rp 1 juta ini untuk warga yang rumahnya terdampak saja, kalau yang Rp 50 juta warga yang rumahnya rusak berat dan hilang terseret banjir,” ujarnya.

Menurut dia, bantuan uang tunai Rp 1 juta diberikan untuk keperluan warga bersih-bersih rumah akibat banjir. “Untuk penerima di Sukawening itu ada 87 KK (kepala keluarga). Kalau di Karangtengah itu masih dilakukan pendataan,” ujarnya.

Dia menyebut jumlah rumah rusak berat dan hilang akibat banjir bandang saat ini masih dalam pendataan. “Anggaran bantuan ini dari BTT (biaya tak terduga), sekarang anggarannya sudah ada di BJB tinggal mencairkan saja. Kalau datanya sudah lengkap kita segera salurkan,” paparnya.

Nurdin menambahkan, penanganan korban banjir bandang di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah sudah maksimal. “Lumbung sosial juga sudah kita bangun untuk mencukupi kebutuhan logistik masyarakat yang terdampak pasca banjir bandang,” terangnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: