Unisba Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Ilmiah

Unisba Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Ilmiah

Radartasik.com, BANDUNG — Tim Pengabdian Universitas Islam Bandung (Unisba) menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Ilmiah pada 1 November  2021 melalui zoom. Pelatihan itu sebagai kegiatan pengabdian Unisba kepada masyarakat.


Pelatihan ini diadakan bekerja sama dengan Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi (APPTI) Jawa Barat atas banyaknya permintaan dari beberapa universitas guna bersama-sama mengembangkan jurnal ilmiah sesuai dengan peraturan DIKTI serta memenuhi akreditasi.

Pelatihan tersebut sukses menjawab kebutuhan akan pengarahan dan pengetahuan tentang manajerial Jurnal Ilmiah yang benar. Hal tersebut tampak dari antusias dari para anggota APPTI Jabar.


Acara tersebut mengundang tiga pembicara yang kompeten dalam bidang Jurnal Ilmiah yaitu Prof Istadi sebagai Tim Penatar Jurnal Ilmiah DP2M Kemenritek DIKTI. Prof Istadi memberikan pemahaman mengenai rambu-rambu dalam mencapai jurnal akreditasi.

Dilanjutkan dengan Dadi Ahmadi, SSos, MIKom sebagai pengelola Jurnal Mimbar yang sukses terakreditasi DIKTI. Dia memberikan pengarahan dan informasi lengkap mengenai Open Journal System (OJS) yang mutlak dibutuhkan untuk pengelolaan jurnal ilmiah online sesuai dengan kriteria DIKTI.


Terakhir, Dr Puji Lestari, SIP, MSi sebagai ketua redaksi Jurnal Komunikasi ASPIKOM yang berbagi tentang teknik penulisan yang baik dalam jurnal ilmiah.

Antusiasme peserta sangat tampak di tiap sesi tanya jawab. Masing-masing narasumber ahli banjir pertanyaan.


Kegiatan yang pertama kali membahas tentang Pengelolaan Jurnal Ilmiah Online ini diikuti banyak peserta yang berasal dari luar daerah Bandung, seperti Tasikmalaya, Sumedang, Subang, dan sekitarnya.

Kegiatan ini pun dirasa para peserta dapat membantu dan memberi pengetahuan dalam pengelolaan jurnal ilmiah.

Hal tersebut menunjukkan bahwa para peneliti tanah air serius menanggapi kemajuan dan perkembangan zaman guna menjadi lebih baik lagi melalui pengelolaan jurnal ilmiah online. (rls/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: