Masyarakat Diajak Gemar Konsumsi Ikan

Masyarakat Diajak Gemar Konsumsi Ikan

radartasik.com, WANARAJA — Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut terus melakukan upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan gizi masyarakat, sehingga terhindar dari stunting.


“Masyarakat harus gemar memakan ikan yang memiliki kandungan gizi cukup banyak, sehingga dapat menangani masalah stunting,” ujar Kepala Diskanak Kabupaten Garut, Sofyan Yani kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Sofyan menerangkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Garut memang masih rendah jika dibandingkan dengan target nasional yakni 57,39 kilogram/kapita/tahun. Saat ini angka konsumsi ikan di Kabupaten Garut tahun 2019 mencapai angka 37,41 kilogram/kapita/tahun.

“Kalau melihat angka, Garut memang ada kenaikan 1,5 persen dari tahun 2018. Tapi kalau melihat target nasional memang masih jauh,” terangnya.

Maka dari itu, kata dia, untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di masyarakat terus melakukan berbagai kegiatan supaya konsumsi ikan di masyarakat bisa terus meningkat. “Seperti di Hari Ikan Nasional ini kita adakan kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan),” ujarnya.

Dalam kegiatan tahunan itu, pihaknya mengadakan berbagai kegiatan dengan pesertanya anak-anak usia dini. Hal ini dilakukan karena anak-anak lebih efektif memakan ikan, sehingga bermanfaat untuk pertumbuhan.

Bunda Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Garut Diah Kurniasari mengapresiasi kegiatan untuk meA­nyoA­siaA­lisasikan masyarakat, terutama anak-anak untuk gemar memakan ikan. Karena ikan ini tinggi gizinya sehingga bisa menekan angka kasus stunting di Garut.

Menurut dia, kegiatan dilakA­sanakan di Desa Sindangmekar Kecamatan Wanaraja karena di wilayah tersebut terdapat lokus stunting. “Mudah-mudahan dengan adanya kita memberi perhatian, jadi stunting di Desa Sindangmekar bisa habis (zero stunting), jadi anak-anak sehat. Nah ini salah satunya dengan memakan ikan,” ujarnya.

Camat Wanaraja Mia Herlina menyambut baik Gemarikan yang dilaksanakan di wilayahnya. Ia berharap masyarakat terutama anak-anak bisa terbiasa untuk mengonsumsi ikan agar stunting di wilayahnya semakin berkurang. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: