Galeri NuKami, Wadah Produk UMKM

Galeri NuKami, Wadah Produk UMKM

radartasik.com, CISURUPAN — Yayasan NuKami mendirikan galeri yang bisa mewadahi dan mempromosikan seluruh produk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Garut. Galeri tersebut didirikan di Jalan Raya Garut-Cikajang Kecamatan Cisurupan.


Ketua Yayasan NuKami Rajab Prilyadi mengatakan, Galeri NuKami lahir sebagai wadah bagi para pelaku UMKM Garut yang berfokus kepada branding, marketing dan selling (penjualan). Galeri didirikan untuk membantu para UMKM supaya lebih berkembang dan maju.

“NuKami kan (artinya) milik kami, milik semua. Marilah berkumpul di sini, jadi kita bersama-sama berdiskusi segala macam untuk memasarkan produk ini, membuat produk ini dari kualitas bagus dan pasaran yang bagus,” katanya.

Rajab menyebutkan, saat ini sudah ada 312 UMKM yang sudah tergabung di Galeri NuKami. Pihaknya terbuka kepada masyarakat yang ingin bergabung.

“Terbuka dong, sangat terbuka. Tinggal datang ke sini dan buka website, datang kesini kita diskusi. Nggak ada bayaran, free,” ujarnya.

Bupati Garut H Rudy Gunawan menerangkan, Galeri NuKami digunakan sebagai wadah pemasaran secara daring (dalam jaringan) produk lokal Garut. “Ini akan menjadi market place yang dibuat sedemikian rupa, jadi didesain dan sebagainya. Ini bisa dijadikan pemasaran online Kabupaten Garut yang terukur, karena semua produk ada. Bukan hanya menyangkut masalah kulinernya saja, tapi baju, sepatu, jaket kulit, dan tentu batik Garutan,” ucapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Garut Suhartono mengapresiasi adanya Galeri NuKami. Ia berharap adanya NuKami bisa menjawab permasalahan utama para pelaku UMKM di Kabupaten Garut, salah satunya yakni daya saing.

“Daya saing ini tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak, tapi harus merupakan kolaborasi semua pihak. Salah satunya melalui pendekatan pentahelix. Jadi pada hari ini terlihat bagaimana kolaborasi satu kegiatan yang diinisiasi oleh salah satu pengusaha di Kabupaten Garut kemudian didukung oleh pihak perguruan tinggi, kemudian pemerintah daerah juga hadir, kemudian tadi juga pengusaha sukses di Kabupaten Garut,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: