Jalan Menuju Kawah Darajat Putus

Jalan Menuju Kawah Darajat Putus

radartasik.com, PASIRWANGI — Hujan deras yang mengguyur wilayah Garut mengakibatkan longsor di Desa Karyamekar Kecamatan Pasirwangi, Jumat (19/11/2021). Bencana longsor di Blok Cikupakan itu mengakibatkan jalan penghubung Objek Wisata Kawah Darajat dan lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) terputus.


Camat Pasirwangi Saepul Hidayat mengatakan longsor yang memutus jalan terjadi sekitar pukul 11.45. Kejadian longsor diduga akibat hujan deras yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir.

Tanah di bawah jalan tergerus air dan mengakibatkan jalan tersebut longsor hingga putus. “Jalan yang putus ini penghubung antara Puncak Darajat dengan Kawah Darajat. Jalan ini juga merupakan perbatasan antara Desa Karyamekar dan Desa Sarimukti,” ujar Saepul saat dihubungi melalui saluran teleponnya, kemarin.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa dalam bencana itu, tetapi beberapa pegawai proyek PT Star Energy (PLTP) terjebak. Kendaraannya tidak bisa melintas. “Di atas masih ada pegawai yang melakukan proyek yang mungkin kesulitan untuk turun, untuk alat-alat berat tidak bisa turun ke bawah karena terputus,” ujarnya.

Saepul mengungkapkan, longsor sekitar 100 meter dengan ketinggian sekitar 70 meter itu tidak mengganggu aktivitas masyarakat. “Yang lewat hanya pegawai Star Energy sama petani,” katnya.

Menurut dia, bencana longsor di wilayahnya bukan hanya di jalan itu, tetapi di beberapa daerah lain di Kecamatan Pasirwangi. Seperti di Desa Padaawas. “Beberapa kejadian longsor ini diakibatkan oleh debit yang sangat tinggi karena derasnya hujan,” terangnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Satria Budi mengatakan langsung melakukaan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pasirwangi dan dengan pihak PT Star Energy. Kata Satria, di wilayah tersebut berpotensi terjadi longsor susulan, dikarenakan cuaca yang terus memburuk serta tanah yang terlihat masih adanya longsoran-longsoran kecil. “Kita terus pantau dan antisipasi kejadian longsor susulan dan kejadian lainnya di wilayah ini,” ujarnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: