SOTK Tunggu Hasil Asesmen, Selain Eselon II, Eselon III dan IV Juga Mengikuti Asesmen

SOTK Tunggu Hasil Asesmen, Selain Eselon II, Eselon III dan IV Juga Mengikuti Asesmen

radartasik.com, TASIK — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tasikmalaya masih menunggu hasil asesmen pejabat eselon III dan IV untuk mengisi SOTK baru. Karena untuk hasil asesmen pejabat Eselon II sudah keluar.


Kasubid Pengembangan Karier dan Promosi pada BKPSDM Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Zaki mengatakan, memang SOTK baru ini belum bisa dijalankan karena menunggu pengisian jabatan.

“Tahapan dalam pengisian SOTK baru ini sudah ditempuh, termasuk asesmen terhadap pejabat eselon II, karena itu wajib dan hasilnya pun sudah ada,” ujar dia kepada Radar di kantornya, Kamis (18/11/2021).

Namun, kata dia, pimpinan dalam hal ini bupati menginginkan untuk pejabat di bawahnya dalam SOTK baru ini, seperti eselon III dan IV juga dilakukan asesmen, sehingga benar-benar menempatkan dan memetakan potensi yang ada seseuai dengan kapasitasnya.

“Akhirnya kami melaksanakan asesmen terhadap eselon III dan IV beberapa minggu lalu dan sekarang tinggal menunggu hasilnya,” ujar dia.

Kata dia, asesmen pertama dilakukan pada Oktober yang diikuti sebanyak 15 pejabat eselon II. Kemudian, November ini dilaksanakan asesmen susulan untuk eselon III dan IV yang totalnya mencapai 765. Rinciannya eselon III 145 dan eselon IV 620 orang.

“Yang mengikuti asesmen kemarin seperti sekdis, kabag, kabid, camat, sekmat untuk eselon III. Sedangkan eselon IV kasi, kasubag, kasubid,” ujar dia, menA­jelaskan. 

Menurut dia, hasil asesmen ini prioritasnya tetap untuk mengisi SOTK baru dan kekosongan pada jabatan yang ada. “Sekarang masih merumuskan hasil asesmen eseon III dan IV untuk dipetakan ke SOTK baru, terkait waktu pelantikannya kapan saya juga kurang begitu tahu, itu kewenangan pimpinan. Karena kami hanya melaksanakan teknis,” kata dia, menambahkan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin SPd MAP mengatakan, soal perkembangan pengisian jabatan dalam SOTK baru ini intinya sudah dilakukan asesmen terhadap para pejabat untuk disesuaikan dengan posisi dan jabatannya yang sesuai.

Menurutnya, belum terisinya kekosongan di dalam SOTK baru, tidak ada kendala, yang jelas setelah ditetapkan bersama DPRD lewat paripurna ditindaklanjuti oleh eksekutif. “Iya insyaallah harus segera diisi, secepatnya akan kita isi. Insyaallah bulan ini,” singkatnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: