Tebing Longsor Timbun Saluran Air Desa Sukasetia

Tebing Longsor Timbun Saluran Air Desa Sukasetia

radartasik.com, CISAYONG — Curah hujan tinggi mengakibatkan tebing setinggi 10 meter dan lebar 15 meter longsor dan menimpa saluran air di Kampung Windusari Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong. Akibatnya, pesawahan warga di kampung tersebut tidak bisa terairi karena tersumbat material longsor.


Punduh Windusari Desa Sukasetia, Ucu mengatakan, longsor terjadi pada Rabu (3/11/2021) yang disebabkan curah hujan tinggi beberapa hari ini. Saat ini, material longsoran yang menutupi saluran air mulai dibersihkan secara gotong royong.

“Hari ini kami dari desa bersama masyarakat telah membersihan material longsor yang masih berserakan. Masyarakat setempat digerakan untuk bergotong royong membersihkan sisa longsoran,” ujarnya kepada Radar, Jumat (5/11/2021).

Ucu mengungkapkan, beruntung lokasi longsor bukan daerah pemukiman, sehingga tidak ada korban jiwa. Hanya berdampak kepada sawah milik warga yang tidak teraliri air. “Saya mengimbau masyarakat selalu waspada dan bersikap proaktif untuk membantu melaporkan setiap adanya bencana supaya cepat mendapat penanganan,” ujar dia, menjelaskan.

“Alhamdulillah hari Jumat pagi masyarakat secara bergotong-royong, bahu-membahu membersihkan material longsor yang mengakibatkan tertutupnya saluran air di lokasi,” ucapnya, menambahkan.

Kepala Desa Sukasetia Cisayong Tatang Saputra menyebutkan, jika terdapat dua titik longsor yang terjadi di wilayahnya. Di antaranya di Kepunduhan Windusari dan Sukananjung. “Yang satu menutupi saluran air dan yang satu menutupi pesawahan. Alhamdulillah material longsor sudah dibersihkan secara gotong royong,” ucapnya. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: