Begini Nih Hasil Monev Proyek Fisik di 8 Desa di Kecamatan Sukartu

Begini Nih Hasil Monev Proyek Fisik di 8 Desa di Kecamatan Sukartu

radartasik.com SUKARATU - Pemerintah Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev)  Pembangunan TPT jalan TPU  Kampung/Desa Tawang Banteng Kecamatan Sukaratu, Selasa (26/10/21).


Camat Sukaratu, Ria Supriatna S.Sos mengatakan, pihaknya melaksanakan pembinaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan di desa-desa. 

Khusus untuk monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan hari ini, yakni melihat realisasi pelaksanaan yang bersifat fisik.

"Kami tidak ke administrasi desanya, hanya saja memang kegiatan di Desa Tawang Banteng ada pembangunan fisik dan kami melakukan pengawasan di lokasi," ujarnya kepada Radar.

Ria menjelaskan, ada pun pengawasan yang dilaksanakan oleh tim Monev sendiri, hanya melihat dari sisi kuantitas dan bukan ke kualitas. 

"Apakah benar atau tidak. Misalnya untuk semennya atau yang lainnya," katanya.

Masalah kualitas, kata dia,merupakan pengawasan bagian inspektorat. Pihaknya, hanya sekedar melihat apakah di administrasi desa ada suatu kegiatan? Apakah benar atau tidak melaksanakan kegiatan tersebut?

"Kami melaksanakan kegiatan ini dan hasil pemeriksaan kami di 8 desa se Kecamatan Sukaratu bervariatif. Ada yang tidak terpasang papan nama proyeknya, ada pekerjaan yang belum selesai, ada pekerjaan yang sedang dilaksanakan," ungkap dia.

Pihaknya, kata Ria, memberikan motivasi kepada para kepala desa untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang telah direncanakan oleh pihak desa. Tentunya jangan sampai ada istilah pengendapan keuangan. 

Di beberapa Desa, ada yang anggarannya sudah diserap tapi belum dikerjakan, dengan berbagai alasan. 

Untuk yang tidak ada papan proyek, alasannya kegiatannya sudah selesai. Namun, pihaknya belum melihat ke lapangan dan menyarankan dipasang lagi papan proyeknya.

"Mungkin 95 persen pekerjaan di desa sudah selesai dikerjakan. Bahkan sudah ada yang diperiksa oleh inspektorat, namun banyak juga yang belum dilaksanakan. Kami dorong agar segera dilakukan kegiatan di lapangan," ujar dia.

Kepala Desa Tawang Banteng, Nandang Abdul Ajiz mengungkapkan, hari ini jadwal monev dari muspika pada program infrastruktur yang dilaksanakan oleh desa.

"Kebetulan hari ini di Desa Tawang Banteng yang di monev adalah fokus ke Bantuan Keuangan Kabupaten Tasikmalaya untuk pembangunan TPT Jalan TPU," kata dia.

Nandang bersyukur, swakelola masyarakat cukup baik dan pelaksanaan kegiatan pembangunan TPT tersebut berjalan lancar. 

Ia memberikan referensi kepada camat berupa dokumentasi, mulai 0 persen, 40 persen sampai dengan 100 persen.

Jadi, secara transparansi anggaran papan proyek pun mulai pelaksanaan sampai dengan sekarang masih terpasang. 

Itu membuktikan bahwa telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan prosedur atau juklak dan juknis yang ditetapkan pemerintah.

"Pada prinsipnya, tadi pa camat menyampaikan bahwa pembangunan di Desa Tawang Banteng itu sudah terserap dan terlaksana. Itu pembelajaran bersama, bahwa bagaimana transparansi mulai dari perencanaan pelaksanaan betul-betul di monev," ujar dia menambahkan. (radika robi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: