Warga Perum PDK Cikunten Indah Gelar Pengajian Umum Peringati Maulid Nabi

Warga Perum PDK Cikunten Indah Gelar Pengajian Umum Peringati Maulid Nabi

Radartasik.com, TAWANG — Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) At-Taqwa RW 10 Perum PDK Cikunten Indah, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang kembali menggelar kegiatan pengajian umum untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'Alahi Wa Sallam 1443 Hijriah.

Pada peringatan Maulid Nabi kali ini KH Zamzam Imaduddin, Lc, M.Pd, selaku Pengasuh Ponpes Qoshrul Muhajirin Singaparna, hadir memberikan tausiah. Dalam tausiahnya KH Zamzam mengulas tentang alasan mengapa umat Islam wajib mencontoh Nabi Muhammad.


Pertama, karena Nabi Muhammad merupakan seorang manusia. “Karena Nabi Muhammad dari kalangan manusia sehingga wujud dan perilakunya bisa kita lihat dan diikuti. Berbeda kalau Allah menjadikan nabi itu dari golongan jin atau satu setan. Bisa-bisa kita akan takut duluan melihatnya, dan juga akan membuat kita tersesat,” ujar KH Zamzam. 

Kedua, karena Nabi Muhammad merupakan manusia lengkap dengan berbagai profesi yang dijalani umatnya. “Nabi Muhammad itu ya seorang pemimpin umat, seorang arsitektur, seorang ahli pertanian, seorang dokter dengan thibbun nabawi-nya, seorang pedagang, seorang guru. Dan seorang dengan berbagai profesi-profesi lainnya, yang tentunya bisa dijadikan contoh oleh umatnya yang memiliki profesi berbeda-beda,” terang KH Zamzam. 


Dalam tausiahnya, kiai muda asal Singaparna itu juga sempat menyinggung soal keseimbangan umat Islam untuk melakukan amar makruf dan nahi munkar. “Melakukan amar makruf saja tidak cukup, harus juga melakukan nahi munkar. Dan untuk melakukan nahi munkar ini tentu kita seringkali berhadapan dengan berbagai resiko. Tetapi itu tetap harus kita lakukan,” tegasnya.

Kendati acara peringatan maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'Alahi Wa Sallam yang digelar oleh DKM At-Taqwa tersebut digelar bukan pada hari libur nasional yang digeser waktunya oleh pemerintah. Namun kegiatan pada Selasa (19/10/2021) tersebut dihadiri oleh sebagian besar warga RW 10 Perum PDK Cikunten Indah mulai dari RT 1  hingga RW 10.

Ketua DKM Ustaz Dedi Fauzi Rizal

Tentunya hadir juga dalam kegiatan peringatan Maulid Nabi tersebut, para ketua RT, Ketua RW 10 H Sapei, Ketua DKM Ustaz Dedi Fauzi Rizal, dan para pini sepuh serta tokoh masyarakat RW 10 Perum PDK Cikunten Indah.

Sebelumnya peringatan maulid Nabi Muhammad juga dilaksanakan oleh warga RT 05 RW 10 Perum PDK Cikunten Indah pada Senin (18/10/2021) malam di Masjid Assholihin. Acara yang digelar dalam bentuk pengajian umum itu diisi dengan tausiah dari Ustaz Dedi Fauzi Rizal, selaku Ketua DKM At-Taqwa. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: