Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Soan ke Ormas Islam

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Soan ke Ormas Islam

radartasik.com, SINGAPARNA - Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya menggelar kunjungan silaturahmi ke PCNU, PD Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kamis (7/10/2021). Kunjungan tersebut menyampaikan persiapan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu 2024.


Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum, Humas, Data dan Informasi (Datin) Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Mohammad Abduh mengatakan, tujuan silaturahmi ini untuk konsolidasi dengan semua stakeholder termasuk ormas Islam di Kabupaten Tasikmalaya dalam persiapan menyambut Pemilu 2024.

“Untuk lebih memperkuat lagi persiapan, terutama dalam menghadapi Pemilu 2024. Kami dari Bawaslu tidak bisa melaksanakan tugas, pokok dan fungsi pengawasan tanpa dukungan semua stakeholder, termasuk ormas Islam,” terang Abduh kepada Radar, kemarin.

Menurut dia, yang disampaikan kepada para pimpinan ormas Islam, selain persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024 juga menyampaikan hasil evaluasi terkait dengan Pilkada 2020 lalu yang sudah dilaksanakan.

“Kami sampaikan pilkada sudah dilaksanakan dan menghasilkan kepala daerah yang baru. Kami melaksanakan kegiatan dalam tahapan itu sesuai peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Dia menyebutkan, walaupun masih dalam non tahapan Pemilu 2024, Bawaslu tetap menyampaikan ke ormas Islam, termasuk stakeholder lainnya, dalam melaksanakan dua kegiatan.

Pertama edukasi terhadap pemilih atau pendidikan politik kepada masyarakat. Kedua mengajak masyarakat pemilih dalam pengawasan partisipatif menghadapi Pemilu 2024.

“Agar masyarakat itu bisa menjadi pemilih yang cerdas, sesuai hati nuraninya. Mengerti bahwa selain ada pelaksana yang melaksanakan tahapan kepemiluan di KPU, ada badan yang mengawasi yaitu Bawaslu,” kata dia.

Maka dari itu, jelas dia, diharapkan pendidikan politik terhadap pemilih ini, bisa mendapatkan dukungan dari ormas Islam yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Ormas Islam ini tingkat kepengurusannya dari kabupaten, kecamatan, desa, sampai ranting bahkan sampai ke RW. Sehingga diharapkan bersinergi dengan program Bawaslu dalam pendidikan politik dan pengawasan partisipatif, bersama masyarakat,” ujarnya.

Ketua MUI Kabupaten Tasikmalaya KH Ii Abdul Basith mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas niat baik Bawaslu ke MUI.

“Mudah-mudahan menjadi amal soleh dan dalam bekerja harus penuh dengan keikhlasan. Bawaslu dalam menjalankan tugas dari negara baik dalam pilpres, pileg dan pilkada dalam pemilu nanti. Menjadi tugas yang mulia dan insyaallah mempunyai nilai ibadah,” katanya.

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam MPd mengatakan, Bawaslu datang dalam rangka silaturahmi menyampaikan segala program persiapan menjelang Pemilu 2024, termasuk hasil Pilkada 2020.

“Kita akan ada MoU program partisipasi pemilih cerdas. Kemudian menyampaikan data pengawasan sampai ke tingkat bawah. Termasuk persiapan pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada di Pemilu 2024 bisa lebih baik,” ungkap dia.

Pada intinya, tambah dia, Bawaslu menyampaikan tugas dalam hal pengawasan dan mengajak partisipatif masyarakat serta akan menyampaikan pendidikan politik. “Sehingga dalam Pemilu nanti bisa mencetak pemilih yang cerdas dan memilih pemimpin dengan hati nurani,” tambah dia.

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya H Dadan Ahmad Sofyan menambahkan, silaturahmi Bawaslu disambut baik oleh Muhammadiyah. Bawaslu meminta masukan dan tanggapan tentang kinerjanya.

“Kami memberikan masukan, salah satunya bagaimana Bawaslu bisa menjadi pelaksana pemilu atau sebagai wasit untuk bersikap adil dalam setiap even politik atau pemilu,” ungkap dia. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: