5 Makanan Ini Bantu Turunkan Kolesterol

5 Makanan Ini Bantu Turunkan Kolesterol

Radartasik, KADAR kolesterol tinggi saat ini dialami banyak orang. kolesterol tinggi terjadi disebabkan beberapa hal. Seperti stres berlebihan, mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi makanan laut dan lainnya.

Jika menderita kolesterol tinggi, sebaiknya segera berobat. Lantaran, kolesterol tinggi bisa menyebabkan efek samping berbahaya pada jantung.

Jika enggan mengonsumsi obat penurun kolesterol tinggi, ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu kamu.

Berikut penjelasannya seperti dikutip laman Thehealthsite. https://www.thehealthsite.com/photo-gallery/5-cholesterol-lowering-foods-you-need-to-add-to-your-diet-839457/vegetable-oils-4-839486/.

1. Oat

Salah satu pilihan makanan sehat untuk sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam adalah oat. Namun, sedikit yang Anda tahu bahwa makanan super ini juga bagus dalam mengatur kadar kolesterol tubuh. Semangkuk oatmeal mengandung jumlah serat larut yang tepat, yang mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) Anda, kolesterol ”jahat”.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak kaya akan lemak omega-3 yang membantu mengelola kolesterol. Anda juga bisa menambahkan makanan kaya omega-3 lainnya ke dalam diet jika kamu alergi terhadap ikan.

3. Buah-buahan

Buah-buahan juga bagus dalam mengatur kadar kolesterol. Sebagai permulaan, tambahkan buah-buahan ini ke dalam diet Anda, seperti pepaya, tomat, alpukat, buah jeruk, anggur, dan apel. Menurut para ahli, buah-buahan ini kaya akan pektin yang bekerja sangat baik dalam mengendalikan kadar kolesterol tubuh.

4. Kacang

Tambahkan segenggam kacang ke dalam diet harian Anda untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Almond dan kacang pohon lainnya bisa meningkatkan kolesterol darah. Kacang-kacangan adalah sumber lemak tak jenuh yang baik dan sangat baik dalam menurunkan lemak jenuh tubuh.

5. Minyak

Ganti sumber lemak jenuh Anda dengan minyak nabati. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung yang fatal dan ini adalah langkah pertama untuk menyelamatkan jantung Anda dari segala komplikasi. (fny/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: