Mantan Petinju Manny Pacquiao Resmi Mendaftar Calon Presiden Filipina

Mantan Petinju Manny Pacquiao Resmi Mendaftar Calon Presiden Filipina

Radartasik.com, JAKARTA — Nama Manny Pacquiao tentu masih terpatri dalam ingatan. Nah, mantan petinju dengan segudang gelar ini resmi mendaftar sebagai calon presiden untuk Pemilu Filipina 2022 pada Jumat (01/10/2021).

Bersamaan dengan itu, Pacquiao mengumumkan Wakil Ketua DPR Filipina Lito Atienza sebagai calon wakil presiden untuk mendampinginya. Pria bernama lengkap Emmanuel Dapidran Pacquiao ini juga mengajukan sertifikat pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum Filipina di Manila.

Pacquiao dan Atienza mencalonkan diri di bawah partai politik Promdi yang beraliansi dengan PDP-Laban. Atienza dipilih sebagai wakil presiden karena pengalamannya selama puluhan tahun di pelayanan publik saat menjadi Wali Kota Manila dan bertugas di kongres.

Jika mereka terpilih, Pacquiao berjanji akan fokus untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan respons pandemi Covid-19, meningkatkan konektivitas internet, menyediakan pasokan listrik yang cukup, dan mengakhiri korupsi dengan memenjarakan pejabat yang bersalah.

”Saya berlari tak hanya untuk diri dan keluarga saya, tapi untuk warga Filipina, sehingga para pemuda dapat diberikan masa depan yang lebih baik,” kata Pacquiao dalam bahasa lokal Filipina seperti dikutip dari CNN Filipina, Jumat (01/10/2021).

Kandidat lain yang menjadi Capres Filipina yakni mantan aktor dan Wali Kota Manila Francisco Domagoso atau yang memiliki nama panggung Isko Moreno.

Sementara Presiden Filipina Rodrigo Duterte tak bisa lagi mencalonkan diri di periode ini karena bertentangan dengan konstitusi negara. Ia hanya mendeklarasikan akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: