Ahli Virus Inggris Tegaskan Adenovirus Tak Pernah Jadi Penyebab Hepatitis

Ahli Virus Inggris Tegaskan Adenovirus Tak Pernah Jadi Penyebab Hepatitis

Radartasik, LONDON - Hingga kini para ahli masih bingung menentukan penyebab munculnya wabah "hepatitis misterius" yang melanda banyak negara di dunia. 

Sebagian mengaitkannya dengan Covid-19, sementara yang lainnya menduga adenovirus sebagai penyebabnya. Pasalnya sebanyak 74 anak yang tertular hepatitis misterius itu memiliki paparan adenovirus di tubuhnya.

BACA JUGA:Cara Membedakan Masalah Perut Maag dengan Serangan Jantung, Ini Tanda-Tandanya

Apa itu adenovirus?

Adenovirus adalah virus penyebab penyakit diare secara umum atau diare biasa. Dan selama ini virus ini tak pernah menyebabkan hepatitis. 

Hal itu diungkapkan seorang profesor virologi di Universitas Nottingham, Inggris, Will Irving dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Xinhua baru-baru ini. 

BACA JUGA:Covid-19 Mulai Melandai, Pembelajaran Kebut Lagi

Namun menarik penyelidikan lain menunjukkan hubungan dengan adenovirus. Menurut Badan Kesehatan Inggris UKHSA, adenovirus adalah virus yang paling sering terdeteksi dalam sampel yang diuji.

Irving mengatakan adenovirus telah ditemukan pada sekitar tiga perempat dari anak-anak yang dilaporkan, tetapi itu adalah infeksi yang sangat umum pada anak-anak. Karena itu ia meyakini bahwa adenovirus bukan virus yang dikaitkan dengan bentuk hepatitis apa pun, apalagi hepatitis yang sangat parah.

BACA JUGA:Kasus DBD Tembus 10 Besar Nasional, Nyaris 800 Kejadian, Merenggut 14 Korban

“Adenovirus ini telah ada selama ratusan tahun, dan mereka biasanya tidak menyebabkan hepatitis,” kata Irving.

“Kami membutuhkan banyak bentuk eksperimen lain untuk memilah apakah adenovirus ini kebetulan atau apakah itu penyebabnya, dan kami benar-benar tidak bisa mengatakannya saat ini,” tambahnya

Irving menyebutkan bahwa kasus-kasus ini telah terjadi secara geografis tepat di seluruh Inggris dan tidak ada hubungan yang ditemukan di antara mereka selain dari dua kasus di Skotlandia.

BACA JUGA:Dahlan Iskan: Tetap Enak Cendol Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: