Covid-19 Mulai Melandai, Pembelajaran Kebut Lagi

Covid-19 Mulai Melandai, Pembelajaran Kebut Lagi

RADARTASIK, KOTA TASIKMALAYA– Pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir berdampak terhadap pembelajaran para siswa. Banyak tantangan yang harus dihadapi bersama di dunia pendidikan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan menuturkan, kondisi itu kini mulai mereda. Bahkan daerah tidak terbayang bisa mengatasi pandemi dan kembali beraktivitas seperti biasanya. 

Bukti bahwa masyarakat jauh lebih tangguh dari semua tantangan dan lebih berani adalah dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. “Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” ujarnya saat membacakan pidato Mendikbudristek saat upacara peringatan Hardiknas di Lapangan Bale Kota, Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, hantaman pandemi di berbagai sektor. Masyarakat dan pemerintah bersinergi. Pemerintah pun berupaya menerapkan kurikulum merdeka. Sebagai metode yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. “Kini kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia,” tambahnya.

BACA JUGA: Sebelum Open Bidding 5 Kursi Kepala SKPD, Sekda Sebut Ada Rotasi Para Kadis

Hal itu, jelas dia, menandakan ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan. “Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena asesmen nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk ‘menghukum’ guru atau murid,” papar Ivan. Namun, menurut Ivan, sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar dan kepala sekolah termotivasi meningkatkan kualitas sekolahnya.

Tahun ini, pemerintah membuktikan diri bahwa tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia. “Para penggerak merdeka belajar di seluruh Indonesia yang saya banggakan, langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat,” pungkasnya. (igi/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: