Seorang Anak di Bekasi Terindikasi Hepatitis, Kini Dirujuk ke RSCM

Seorang Anak di Bekasi Terindikasi Hepatitis, Kini Dirujuk ke RSCM

Radartasik, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menemukan dugaan seorang anak terjangkit penyakit hepatitis.

”Kemarin ada satu orang yang terindikasi terkena Hepatitis di RS Hermina tetapi bukan warga Kota Bekasi,” kata Pelaksana Tugas Wali Kota Tri Adhianto, Selasa 10 Mei 2022.

Dia menjelaskan anak yang terkena penyakit hepatitis tersebut sudah dirujuk ke RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunksumo) Jakarta Pusat.

BACA JUGA: WHO: Teridentifikasi 348 Kasus Hepatitis yang Tidak Diketahui Asalnya, Wow…

”Kini bagi pasien itu langsung dirujuk ke RSCM,” ucap Tri Adhianto saat ditemui di Stadion Patriot Chandrabaga.

Dengan adanya temuan penyakit hepatitis di wilayahnya, Pemkot Bekasi berupaya mengantisipiasi dan meminimalisir penyebaran kasus di lingkungan masyarakat.

Upaya yang akan dilakukan Pemkot Bekasi adalah memberikan sebuah edukasi dan sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat mengenai bahaya dan bagaimana penanganan penyakit tersebut.

BACA JUGA: Kemenkes Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Kasus Hepatitis Misterius, Dilakukan Penyelidikan Lintas Sektoral

Tri Adhianto menjelaskan sosialisasi tersebut harus merata dan didapatkan seluruh masyarakat Kota Bekasi. Karena itu, pihaknya juga akan menyampaikan sosialisasi itu di posyandu sekitar rumah penduduk.

”Kita akan sosialiasi sampai di tingkat yang paling rendah. Nanti posyandu akan kita berikan edukasi sebagai langkah awal untuk memberikan sosialisai terkait dengan upaya pencegahan terkait dengan penyebaran hepatitis ini dan hari ini saya kira masih belum terjadi lonjakan. Jadi saya kira masyarakat Kkota Bekasi cukup tenanglah,” tutupnya.

BACA JUGA: Pemprov Jawa Barat Tetap Waspadai Hepatitis Misterius

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi Tanti Rohillawati pun angkat bicara terkait seorang anak yang terjangkit hapatitis itu.

Menurut kadinkes, pasien kasus tersebut sudah dirujuk ke RSCM dan dipastikan baru diduga hepatitis.

”Kami dilaporkan bahwa ada kasus atau pasien yang dirawat di Hermina, dimana per tanggal 7 bulan 5 dilaporkan kepada kami, dan pasien tersebut juga sudah dirujuk ke RSCM,” kata Tanti Rohillawati saat dikonfirmasi, Rabu (11/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: