Kemendag Beli Telur dari Peternak untuk Bantuan Sosial

Kemendag Beli Telur dari Peternak untuk Bantuan Sosial

Radartasik.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah mengupayakan penyerapan telur dari para peternak. Nantinya, telur tersebut untuk bantuan sosial (bansos) dari pemerintah bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

”Kebijakan ini upaya memperbaiki harga telur yang sedang anjlok dan juga meningkatkan gizi masyarakat. Ini yang sedang kami pikirkan. Kita bantu semua sama-sama,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Sabtu (25/09/2021).

Dia menyatakan gagasannya itu muncul usai mengunjungi Pasar Badung, Bali. Dimana, ia mendengar keluhan tentang anjloknya harga telur di beberapa wilayah di Indonesia. ”Untuk itu, saya berupaya agar hasil panen para peternak dapat diserap secara maksimal,” ujarnya.

”Harga telur ini karena memang daya belinya turun. Maka harga telur secara nasional berada sekitar 10-20 persen dari harga standar Kementerian Perdagangan,” sambungnya.

Dengan menyerap telur dari peternak, kata dia, pemerintah tidak hanya membantu para peternak ayam petelur, namun strategi tersebut juga bisa menjaga gizi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

”Harga telur ayam anjlok di sejumlah daerah Indonesia. Harganya bahkan terus menyentuh level terendah hingga di bawah Rp 20.000 per kilogram (kg) dari harga normal Rp 20.000 sampai Rp 25.000. Di tingkat agen bahkan harganya menyentuh Rp 17.500 per kg,” pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: