Kampanyekan Gerakan Menanam, Pemkot Siapkan 11 Kampung Sayur

Kampanyekan Gerakan Menanam, Pemkot Siapkan 11 Kampung Sayur

Radartasik.com, SURABAYA - Aktivitas menanam di lingkungan pekarangan rumah terus dikampanyekan oleh Pemkot Surabaya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Hal ini seiting rencana pemkot yang akan membentuk 11 kampung sayur di Kota Pahlawan tersebut.  Dan saat ini embrio dari kampung sayur tersebut disiapkan.

Salah satu embrio yang dipersiapkan untuk menjadi kampung sayur adalah kawasan Kelurahan Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal. Kegiatan menanam diawali warga RT 9, RW 3. Di sana warga menanam berbagai tumbuhan dan memanfaatkan sampah sebagai pot tanaman. Kegiatan itu dilakukan sejak tiga bulan lalu.

Yaning Mustikaningrum adalah salah seorang contoh warga yang melakukan aktivitas pertanian perkotaan tersebut. Teras dan lahan pekarangan dekat rumahnya ditanami cabai, sansevieria, sirih gading, pakis, terong, sawi, kacang panjang, labu, dan lain-lain.

Banyak juga wadah bekas sampah yang dimanfaatkan sebagai pot. Misalnya, wadah bekas sabun cuci dan sampo serta botol plastik. Wadah-wadah tersebut dihias dan disulap menjadi pot tanaman yang digantung di dinding rumah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Pengembangan Pertanian Perkotaan DKPP Surabaya Dian Anggraini menuturkan, jika embrio kampung sayur ini berhasil, akan lebih banyak warga yang bisa diajak untuk aktivitas pertanian perkotaan. Sebab, di tengah pandemi, sektor yang tidak lumpuh adalah pertanian.

”Jadi, kalau diseriusi, ini juga bisa meningkatkan perekonomian warga, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dapurnya,” ungkapnya. (jpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: