Terkini! Kapolda Sumsel Digeser ke Mabes Polri, Kadiv Humas Tepis Pergantian Karena Heboh soal Sumbangan Akidi Tio senilai Rp2 Triliun

Terkini! Kapolda Sumsel Digeser ke Mabes Polri, Kadiv Humas Tepis Pergantian Karena Heboh soal Sumbangan Akidi Tio senilai Rp2 Triliun

Radartasik.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi jabatan dua kapolda di wilayah Sumatera dan satu kapolda di wilayah Sulawesi. Ketiga kapolda yang dirotasi atau terkena penggantian itu adalah Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), dan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng). 

Mutasi jabatan terhadap ketiga kapolda tersebut tertuang dalam surat telegram bernomor ST/1701/VIII/KEP./2021. Surat telegram diterbitkan pada Rabu (25/08/2021), dan diteken oleh Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Wahyu Widada. 

Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri, yang namanya sempat terbawa namanya dalam heboh sumbangan keluarga Akiudi Tio senilai Rp 2 Triliun, dimutasi menjadi Koorsahli Kapolri. Adapun jabatan Kapolda Sumsel akan diisi Irjen Toni Harmanto, yang kini menjabat sebagai Kapolda Sumbar. 

Sedangkan sepeninggal Irjen Toni Harmanto, posisi Kapolda Sumbar diduduki oleh Irjen Teddy Minahasa Putram, yang saat ini menjabat sebagai Sahlijemen Kapolri.

Kemudian Irjen Abdul Rakhman Baso, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Sulteng digeser menjadi perwira tinggi Korbrimob Polri, dalam rangka pensiun. Posisinya akan diisi oleh Irjen Rudy Sufahriadi, yang saat ini menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono ketika dikonfirmasi tentang adanya mutasi ketiga kapolda tersebut membenarkan.

"Iya, benar," ucap Rusdi saat dimintai konfirmasi detikcom.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono menepis soal penggantian Kapolda Sumsel Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri, ada kaitannya dengan heboh sumbangan dari almarhum Akidi Tio senilai Rp2 Triliun beberapa waktu lalu. 

"Sudah lama (Irjen Eko Indra Heri) menjadi Kapolda. Jadi untuk penyegaran organisasi saja, apalagi pindahnya juga dalam level yang sama," ujar Argo Yuwono. (dtk/sumeks)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: