Wakil Ketua MPR Apresiasi Kinerja Menlu

Wakil Ketua MPR Apresiasi Kinerja Menlu

Radartasik.com, JAKARTA — Kinerja Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam memulangkan WNI dari Afganistan mendapat apresiasi. Salah satunya dari Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.

Hidayat menyatakan ikut mengapresiasi kesigapan dan keberhasilan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri yang telah sukses mengevakuasi seluruh warga negara Indonesia (WNI) terdata di Afganistan.

Bahkan, mereka datang bersama pasangannya yang warga Afganistan tanpa ada kendala sebagaimana tragedi yang terjadi saat pesawat Amerika Serikat akan mengevakuasi warganya dari Afganistan.

”Dengan pendekatan yang oleh Menlu disebut sebagai Afghan-Led dan Afghan-Owned, yaitu dengan mengedepankan maslahat dan kepentingan Afganistan dalam mewujudkan perdamaian dan solusi dengan melibatkan seluruh pihak di internal Afghanistan,” ujar Hidayat, Sabtu (21/08/2021).

HNW (sapaan akrabnya) mengatakan Indonesia memiliki hubungan baik dengan Afghanistan bahkan dengan Taliban yang pernah secara resmi berkunjung ke Indonesia dan diterima secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan PBNU.

Ia melanjutkan sikap Menlu yang bijak ini penting disuarakan lebih serius dan lebih aktif melalui forum-forum internasional seperti di PBB maupun OKI. Dan karena de facto sekarang Taliban yang ”menguasai” Afganistan. Meskipun masih ada perlawanan dari Panshir dipimpin oleh Ahmad Mashood dan Wapres Amrullah Sholih.

”Maka penting juga bagi Kemlu RI untuk melakukan peran lobinya agar bisa dihindarkan perang dan konflik terbuka sesama warga Afganistan, yang akan makin menyeret Afganistan kepada kondisi politik, ekonomi maupun sosial yang makin buruk dan makin menyengsarakan rakyat Afganistan,” ujar dia. (khf/fiin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: