Presiden Minta Pramuka Jadi Pelopor Disiplin Prokes Covid-19

Presiden Minta Pramuka Jadi Pelopor Disiplin Prokes Covid-19

Radartasik.com, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pramuka Indonesia berada di barisan terdepan melindungi diri, teman-teman, keluarga. Sehingga kalau ada teman yang tidak mematuhi protokol kesehatan maka harus diingatkan dan diberikan penjelasan serta pengertian tentang pentingnya pentingnya mentaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Kalau ada teman yang sudah berusia di atas 12 tahun yang belum divaksin, ajak untuk segera divaksin. Karena kunci utama keluar dari pandemi adalah kedisplinan mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal,” ujar Jokowi saat memberikan pidato dalam rangka memperingati Hari Pramuka Indonesia ke-60 yang dilakukan secara virtual dan ditayangkan di Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (14/08/2021).

Dalam kesempatan itu Presiden pun menitipkan pesan kepada seluruh anggota Pramuka di Indonesia untuk giat belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang setinggi-tingginya, selalu adaptif mengejar kemajuan teknologi, mengikuti perkembangan jaman dengan cepat, fleksibel dan harus cerdik.

Terpenting kata Jokowi, anggota Pramuka Indonesia untuk tidak pernah lupa dengan indentitas bangsa, membangun karakter Indonesia yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang sejati, menjaga NKRI, dan juga merawat kebhinnekaan.

“Pramuka Indonesia harus optimis melihat masa depan, terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia,” pungkasnya.

Masih dalam sumbutrannya Jokowi mengatakan jika biasanya Hari Pramuka dirayakan dengan cara upacara di lapangan dan diikuti peserta lengkap dari anggota yang berbaris rapi. Tapi perayaan kali ini berbeda hanya dilakukan secara virtual.

“Tahun ini kita lakukan secara virtual, mengikuti upacara dari tempat masing-masing dengan jumlah peserta dibatasi. Disiplin protokol kesehatan agar kita semua terlidungi dari Covid-19,” kata Jokowi. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Pramuka di seluruh tanah air Indonesia. Hal itu karena saat pandemi ini Pramuka sudah bahu-membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

“Inilah jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Dharma, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Terpanggil rela berkorban untuk sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama dan golongan,” katanya. (jpg/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: