Indonesia Siapkan Rencana Evakuasi WNI dari Afghanistan

Indonesia Siapkan Rencana Evakuasi WNI dari Afghanistan

Radartasik.com, JAKARTA — Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia berencana evakuasi warga negara Indonesia (WNI), termasuk diplomat kedutaan besar di Kabul, karena peperangan di Afghanistan terus memburuk.

”Kemenlu sudah menyusun rencana kontijensi yang memuat langkah-langkah pengamanan WNI di Afghanistan, termasuk melakukan evakuasi jika diperlukan,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemlu RI Judha Nugraha dalam pernyataannya, Jumat (13/08/2021).

Judha menambahkan sejauh ini KBRI di Kabul terus menjalin komunikasi dengan total enam WNI yang saat ini berada di Afghanistan. Mereka terdiri dari dua WNI yang bekerja di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dua ekspatriat dan dua lainnya menikah dengan warga Afghanistan.

”Kondisi mereka saat ini sehat dan aman. KBRI terus memonitor kondisi keamanan terakhir,” ujarnya.

Seiring dengan situasi yang semakin tak kondusif, sejumlah negara seperti AS, Inggris, dan Kanada telah menarik duta besar dan staf kedutaannya untuk pulang dari Afghanistan.

Kanada akan mengirimkan pasukan khusus untuk mengevakuasi staf kedutaan besar mereka di Kabul akibat serangan Taliban yang terus meningkat.

Inggris juga mengumumkan pengiriman sekitar 600 tentara ke Afghanistan untuk membantu evakuasi warganya. Amerika Serikat juga mengirimkan 3.000 tentara untuk mengevakuasi staf kedutaan mereka di Kabul.

Sejauh ini, Taliban berhasil menduduki 12 ibu kota provinsi dan sejumlah kota lainnya di Afghanistan. Dalam beberapa hari terakhir, Taliban terus fokus bertarung merebut kota-kota di utara Afghanistan. Daerah itu dianggap penting karena merupakan pilar pertahanan untuk Ibu Kota Afghanistan, Kabul. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: