Taliban Kuasai 3 Provinsi, Kepala Staf AD Afghanistan Dicopot

Taliban Kuasai 3 Provinsi, Kepala Staf AD Afghanistan Dicopot

Radartasik.com, JAKARTA — Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mencopot Jenderal Wali Ahmadzai dari jabatannya sebagai kepala staf Angkatan Darat Afghanistan. Pencopotan ini buntut dari direbutnya tiga ibu kota provinsi pada Rabu (11/8) oleh gerilyawan Taliban.

Kamis (12/08/2021), Associated Press mengabarkan sumber Kementerian Pertahanan Afghanistan menyebut Ghani mengangkat Jenderal Hibatullah Alizai untuk menggantikan Ahmadzai. Namun, keputusan itu belum akan diungkap kepada masyarakat.

Alizai adalah komandan Korps Pasukan Khusus Afghanistan yang merupakan kesatuan elite di angkatan darat negara itu. Kesatuan itu bersama Angkatan Udara Afghanistan kini diterjunkan di garis depan melawan milisi Taliban setelah tentara reguler tidak sanggup menghadapi kelompok itu.

Setelah itu, Ghani terbang ke Provinsi Balkh meminta bantuan kepada sejumlah pimpinan milisi Aliansi Utara, yakni Abdul Rashid Dostum, Atta Mohammad Noor dan Mohammad Mohaqiq, supaya mengerahkan pasukan mereka untuk melawan Taliban.

”Taliban tidak akan bisa pergi dari kawasan utara dan bakal menghadapi nasib yang sama dengan para prajurit Afghanistan yang mengenaskan itu,” kata Dostum.

Dapat diketahui, gerilyawan Taliban kini menguasai Kota Taluqan (Provinsi Takhar), Farah (Provinsi Farah), Sar-e-Pul (Provinsi Sar-e-Pul) Kunduz (Provinsi Kondoz), Sheberghan (Provinsi Jawzan), Zaranj (Provinsi Nimruz), Aibak (Provinsi Samangan), Lashkar Gah (Provinsi Helmand), Faizabad (Provinsi Badakhshan) dan Poli-Khumri (Provinsi Baghlan). (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: