Tenjowaringin Jadi Desa Siaga Covid-19, Kodim 0612 Tasik Siapkan 2.000 Dosis Vaksin

Tenjowaringin Jadi Desa Siaga Covid-19, Kodim 0612 Tasik Siapkan 2.000 Dosis Vaksin

radartasik.com KABUPATEN TASIK - Kodim 0612/Tasikmalaya bekerjasama dengan Denkes Rumkitban Galunggung dan Dinkes Kabupaten Tasikmalaya serta Puskesmas, melakukan vaskinasi massal, Sabtu (07/08/21).

Bertempat di Lapangan Panenjoan Desa Tenjowaringin, Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, TNI melakukan vaksinasi massal Covid-19 dosis pertama kepada masyarakat Desa Tenjowaringin dalam rangka percepatan program Serbuan Vaksin Nasional TNI di wilayah Kabupaten Tasik.

"Dalam vaksinasi massal ini masyarakat Desa Tenjowaringin sebagai penerima vaksin dosis pertama. Vaksinasi massal ini targetnya sebanyak 2.000 orang," ujar Dandim 0612/Tasikmalaya, Letkol Inf Ary Sutrisno kepada radartasik.com.

Terang Ary, meningkatnya kasus Covid-19 secara umum di wilayah Jawa Barat khusunya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya disebabkan oleh beberapa faktor.

Aey menjabarkan masalah itu mulai dari kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan protokol kesehatan (prokes), vaksinasi yang masih diabaikan, hingga banyaknya beredar informasi hoax. 

"Hal inilah yang juga memunculkan kepanikan, ketakutan, hingga tidak dapat membedakan informasi fakta dan palsu seputar Covid-19," terangnya.

Bahkan, beber dia, informasi palsu ini menghambat program vaksinasi yang faktanya dapat mencegah terpapar covid-19 dengan kondisi yang sangat parah dan menyebabkan kematian.

"Hal ini juga disebabkan masih banyaknya masyarakat di beberapa daerah masih belum sadar bahkan menolak untuk di vaksin karena mendengar informasi palsu/hoax tersebut," bebernya.

Ary menambahkan, kegiatan Serbuan Vaksin ini juga dibarengi Deklarasi Desa Siaga Covid-19, Program 2000 Dosis Vaksin melawan Covid-19 oleh Pemdes Tenjowaringin bersama Kodim 0612/Tasikmalaya, Dinkes Kabupaten Tasik dan didukung salah satu organisasi kemanusiaan Humanity First (HF Indonesia). 

Pihaknya mengajak masyarakat membangun sikap optimisme melalui program Optimis Indonesia Pulih dengan bersama-sama mengajak masyarakat di beberapa daerah, mengedukasi serta melakukan program vaksinasi bersama guna membangun herd immunity di lingkungan tersebut. 

Desa Tenjowaringin ini sebagai desa percontohan Program 2000 Vaksin, yang seluruh warganya dapat mengikuti vaksinasi hal ini tentunya dapat membantu Pemerintah daerah dalam mensukseskan Program percepatan Vaksinasi dan mendorong masyarakat agar lebih peduli dan sadar akan pentingnya ikut serta dalam gerakan vaksinasi.

"Tentunya hal ini juga dapat membangun lingkungan yang sehat, memiliki semangat baru dan optimis pulih dalam menghadapi Covid-19 dengan harapan dapat membangun kesadaran untuk diri sendiri, lingkungan, dan seluruh masyarakat Indonesia khususnya wilayah Tasik," jelas Ary. (rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: