10 Agustus, Yusuf Disahkan Jadi Wali Kota Tasik

10 Agustus, Yusuf Disahkan Jadi Wali Kota Tasik

radartasik.com, INDIHIANG — DPRD Kota Tasikmalaya akhirnya sepakat menjadwalkan rapat paripurna pengesahan H Muhammad Yusuf menjadi Wali Kota Tasikmalay definitif pada Selasa 10 Agustus mendatang. Hal itu t usai rapat Badan Musyawarah (Banmus) yang diselenggarakan di ruang rapat paripurna, Rabu malam (4/8/2021).


Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Aslim SH mengatakan dalam rapat tersebut, para wakil rakyat menyepakati bahwa paripurna pengangkatan wakil wali kota menjadi wali kota sisa masa jabatan 2017-2022 dan usulan pemberhentian wakil wali kota masa jabatan 2017-2022 diselenggarakan.

”Sudah kami jadwalkan, paripurna pengusulan pengangkatan wali kota pada 10 Agustus mendatang,” ujar Aslim saat dihubungi Radar.

Setelah paripurna tersebut, kata Aslim, DPRD kemudian mengusulkan surat pengangkatan dan pengesahan wakil wali kota menjadi wali kota sisa masa jabatan 2017-2022 itu, kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Barat. Selanjutnya, barulah dari gubernur menjadwalkan waktu pelantikan H Yusuf sebagai wali kota definitif.

”Jadi setelah rapat tersebut, kami usulkan hasil daripada paripurnaa ke mendagri melalui gubernur, untuk selanjutnya dijadwalkan pelantikan,” tuturnya.

Dia menjelaskan DPRD sebagai penyelenggara pemerintahan daerah ingin memastikan roda pemerintahan segera berjalan. Supaya tidak ada lagi kendala-kendala administratif atau teknis, ketika kepala daerah hendak menggulirkan kebijakan strategis, dengan kewenangan penuh.

”Jadi kita pun sama, terus mengawal proses ini bisa dilaksanakan secepatnya, agar roda pemerintahan berjalan stabil,” harap politisi Gerindra itu.

Pada hari yang sama, DPRD juga akan melaksanakan rapat paripurna persetujuan satu buah ranperda. Namun, agendanya dilaksanakan secara terpisah, antara pengusulan pengangkatan wakil menjadi wali kota, dengan kegiatan tersebut.

“Jadi di hari itu, nantinya ada dua agenda paripurna, persetujuan satu buah ranperda yang sudah dibahas rekan-rekan di komisi beberapa waktu ini,” jelas Aslim. (igi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: