Pipa PDAM Tirta Sukapura Diperbaiki, Pelanggan Diminta Ini..

Pipa PDAM Tirta Sukapura Diperbaiki, Pelanggan Diminta Ini..

radartasik.com, MANGKUBUMI - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya akan melaksanakan pekerjaan penyambungan pipa distribusi utama dari pipa ACP 350 mm ke pipa HDPE 300 yang berlokasi di Jalan HZ Mustofa dan Jalan Letkol Baasir Surya (Jalan Garuda), Cibeureum, Kota Tasikmalaya.


Maka dari itu PDAM menyampaikan informasi kepada masyarakat pelanggan air minum PDAM Tirta Sukapura yang berada di wilayah pelayanan regional Tasikmalaya yang untuk sementara terganggu pelayanan aliran airnya.

Adapun selama proses pekerjaan penyambungan berlangsung, aliran air akan ditutup sementara dan akan dialirkan kembali setelah pekerjaan selesai. Waktu lamanya dan tempat proses pekerjaan sampai dengan aliran air normal kembali ke seluruh pelanggan diperkirakan selama delapan hari.

Satu hari, pekerjaan penyambungan pada Rabu (4/8) pada pukul 20.00. Kemudian, selama tujuh hari masa normalisasi aliran ke seluruh pelanggan mulai Kamis (5/8) sampai dengan Rabu (11/8/2021).

Catatan normalisasi akibat penutupan aliran air sangat mengandalkan elevasi sehingga normalisasi akan memakan waktu yang berbeda-beda di setiap tempat atau wilayah pelayanan.

Plt Dirut PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Dadih Abdul Hadi SH MSc mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pekerjaan penyambungan pipa distribusi utama dari pipa ACP 350 mm ke pipa HDPE 300 yang berlokasi di Jalan HZ Mustofa dan Jalan Letkol Baasir Surya (Jalan Garuda), Cibeureum, Kota Tasikmalaya.

“PDAM Tirta Sukapura, insyaallah besok Rabu (4/8) mempunyai rencana untuk tapping atau penyambungan pipa baru, bantuan dari pemerintah pusat,” kata Dadih kepada Radar, kemarin.

Bantuan dari pemerintah pusat untuk pipa baru sepanjang 14 kilometer ini, jelas dia, nilai bantuannya hampir 13 miliar. Jadi PDAM Tirta Sukapura sebagai penerima manfaat. Sedangkan lelang segala macam serta pelaksana dari pemerintah pusat.

“Makanya supaya manfaatnya cepat dirasakan oleh masyarakat pelanggan, PDAM Tirta Sukapura segera mengoperasikannya. Harusnya memang tiga bulan lalu sudah mulai, namun karena kondisi pandemi Covid-19 dan PPKM terus dilakukan, walaupun diperpanjang kembali, insyaallah tidak akan mengganggu pelayanan air,” katanya.

“Untuk pekerjaan penyambungan pipa tersebut akan dilaksanakan Rabu (4/8) pukul 20.00 malam. Oleh karena itu PDAM memohon maaf khususnya kepada 11.958 masyarakat pelanggan yang terdampak, penutupan aliran air PDAM,” terang dia.

Dia menerangkan, masyarakat pelanggan yang terdampak itu pertama sebagian wilayah pelayanan PDAM Cabang Barat sebanyak 1.953 mencakup wilayah kelurahan Tuguraja, Nagarawangi dan Yudanegara.

Kedua, sebagian wilayah pelayanan PDAM Cabang Timur sebanyak 5.761 wilayah kelurahan Tawangsari, Lengkongsari, Sukamanah, Sukaratu, Sukaasih, Sukanegara, Empangsari, Cikalang dan Kahuripan.

Ketiga, sebagian wilayah pelayanan PDAM Cabang Cibeureum sebanyak 2.855 mencakup wilayah kelurahan Setiaratu, Kersanegara, Awipari, Setianegara, Ciherang, Ciakar, Margabakti dan Setiajaya.

Keempat, seluruh wilayah pelayanan PDAM Cabang Manonjaya, sebanyak 1.989. Dengan jumlah total pelanggan yang mengalami dampak sebanyak 11.958 SL. “Mudah-mudahan lancar, penutupan aliran air tidak akan berlangsung lama dan penyambungan pipa selesai, kami usahakan sampai Kamis (5/8) pagi,” paparnya.

Kemudian, lanjut dia, kaitan pekerjaan penyambungan pipa tersebut, dimohon pelanggan untuk menghemat dan menampung air mulai Rabu (4/8) pagi, sehingga pada saat dibutuhkan, dilakukan penutupan air malamnya mempunyai cadangan air.

“Insyaallah untuk normalisasi, biasanya dijadwalkan berlangsung selama tiga hari. Normalisasi itu adalah penggantian air yang lama dibuang, diganti dengan air baru, supaya tidak keruh, karena tercampur di pipa baru itu, tidak lama. Biasanya tiga hari, tetapi kami maksimalkan bisa 24 jam,” kata dia.

Jadi, terang dia, diupayakan Kamis (5/8) sore atau sehabis magrib, normalisasi bisa selesai 24 jam, sehingga kualitas air sudah bagus dan jernih kembali.

Dia menambahkan, untuk manfaat yang bisa dirasakan dari penyambungan pipa baru ini, karena yang sebelumnya pipa asbes, maka frekuensi kebocoran pipa pada jalur Jalan HZ Mustofa sampai Cibeureum, Kota Tasikmalaya akan berkurang atau bahkan tidak ada.

“Kemudian pasokan air ke wilayah Kecamatan Cibeureum dan Manonjaya itu tidak akan terganggu. Jadi lebih bagus. Kalau sebelumnya, karena banyak kebocoran, ke tarik ke wilayah Timur, seperti Cikalang dan lainnya, jadi agak tersendat,” paparnya.

Selain itu, tambah dia, dari penyambungan pipa baru ini, di wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya dan Manonjaya, karena kapasitas debit airnya bertambah, maka akan ditargetkan penambahan pelanggan dimulai 2021 ini, sekitar 500 SL lagi.

Plt Direktur Umum (Dirum) PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Drs Andria Lesmana menambahkan, informasi dan pemberitahuan ini disampaikan, agar diketahui oleh masyarakat pelanggan terkait yang berada di blok wilayah pelayanan tersebut, sehingga masyarakat dapat melakukan persiapan penampungan air yang diperlukan.

“Kami atas nama direksi beserta karyawan PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas terganggunya kenyamanan para pelanggan tersebut,” tambah dia.

Serta tidak lupa menyampaikan terimakasih atas perhatian dan kerjasama pihak media yang telah ikut mendukung dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: