Inggris Sumbang 600.000 AstraZeneca ke Indonesia

Inggris Sumbang 600.000 AstraZeneca ke Indonesia

Radartasik.com, JAKARTA — Pemerintah Inggris Raya akan menyumbangkan sembilan juta dosis AstraZeneca –vaksin Covid-19– ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia mulai pekan ini.

Menteri Luar Negeri Inggris Raya Dominic Raab mengatakan sebanyak lima juta dosis didistribusikan Covax untuk memastikan akses global yang adil terhadap vaksin covid-19.

Sedangkan empat juta dosis lainnya, tambah dia, akan dibagikan langsung kepada negara-negara yang membutuhkan.

”Covax akan segera mendistribusikannya ke negara-negara berpenghasilan rendah melalui sistem alokasi yang adil, yang memprioritaskan pengiriman vaksin kepada orang-orang yang paling membutuhkannya,” kata dia, Jumat (30/07/2021).

Seiring penyebaran varian Delta yang sangat menular ke seluruh dunia, Indonesia telah mengalami peningkatan tajam dalam jumlah kasus Covid-19. Sekarang mencapai lebih dari 3 juta.

Untuk mendukung upaya Presiden Joko Widodo mempercepat program vaksinasi nasional, pemerintah Inggris Raya akan menyumbangkan 600.000 dosis vaksin AstraZeneca sebagai bagian dari kerja sama bilateral kedua negara yang lebih luas dalam menjawab tantangan pandemi Covid-19.

Dari 100 juta dosis yang dijanjikan oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada pertemuan kelompok G7 bulan lalu di Cornwall, 30 juta akan dikirim sebelum akhir tahun.

Sebanyak 80 juta dari 100 juta dosis akan diberikan melalui Covax. Sisanya dibagikan kepada negara-negara yang membutuhkan secara langsung. 
Sumbangan tersebut sesuai janji yang dibuat para pemimpin G7 untuk memvaksinasi dunia dan mengakhiri pandemi pada 2022.

Pengiriman minggu ini akan membantu memenuhi kebutuhan mendesak akan vaksin dari negara-negara di seluruh dunia, termasuk di kawasan Asia Tenggara, yang saat ini sedang lonjakan Covid-19.

Wakil Duta Besar Inggris Raya untuk Indonesia dan Timor Leste Rob Fenn mengatakan mereka berdiri bersama Indonesia di masa yang sulit ini karena juga sempat mengalami gelombang infeksi.

”Kami ingin melakukan apa yang kami bisa untuk membantu Indonesia, sebagai mitra dekat dan rekan kami,” ungkap dia.

”Pemerintah Inggris Raya yakin vaksin yang kami sumbangkan hari ini akan digunakan dengan baik, di garis depan di Indonesia, untuk menyelamatkan nyawa, dan sekaligus menguatkan perekonomian,” kata Fenn.

Menurut dia, bantuan untuk Indonesia ini dilakukan bersamaan dengan bantuan vaksin Inggris kepada negara-negara anggota ASEAN. Ini mencerminkan kemitraan strategis Inggris yang erat dan terus berkembang di kawasan ini.

”Kita berjuang bersama dalam melawan Covid-19. Kita dapat mengalahkan virus ini, dan membangun masa depan yang lebih sehat, untuk semua rakyat Indonesia, Inggris dan dunia,” ujar Fenn.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Inggris Raya atas kerja sama pembagian vaksin Covid-19.

”Menteri Luar Negeri Inggris Raya Raab dan saya memiliki pandangan yang sama bahwa kerja sama adalah kunci bagi dunia untuk keluar dari pandemi ini,” kata Retno. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: