Alhamdulillah, Umrah Diizinkan Mulai Tahun Ini

Alhamdulillah, Umrah Diizinkan Mulai Tahun Ini

Radartasik.com, JAKARTA — Pemerintah Arab Saudi mengizinkan calon jamaah internasional, termasuk dari Indonesia, untuk melaksanakan ibadah umrah mulai tahun ini. Namun tetap dengan sederet persyaratan yang harus dipatuhi.

”Semua jamaah internasional yang ingin menunaikan ibadah umrah harus sudah mendapatkan dua dosis vaksin dengan suntikan Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson & Johnson,” tulis keterangan Kementerian Haji dan Umrah Saudi, Rabu (28/7/2021).

Selain itu, calon jamaah juga harus berusia 18 tahun ke atas dan menunjukkan bukti test PCR negatif Covid-19 setibanya di Saudi.

”Jamaah juga harus mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan di Saudi,” ujarnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono mengatakan WNI yang ingin menjalankan ibadah umrah juga harus menaati sejumlah aturan lainnya, termasuk dari Badan Otoritas Penerbangan Sipil Saudi (GACA) yang berlaku sejak Mei lalu.

Berdasarkan aturan itu, sembilan negara tak diperkenankan mengirimkan penerbangan langsung ke Arab Saudi. Kesembilan negara tersebut adalah Indonesia, India, Pakistan, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, dan Libanon.

”Warga dari kesembilan daerah tersebut harus transit di negara ketiga (negara yang dianggap bersih Covid-19, Red) sebelum ke Saudi. Mereka diwajibkan karantina terlebih dulu di negara ketiga tersebut sebelum melanjutkan perjalanan ke tanah suci,” pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: