Insentif Nakes Kabupaten Tasik Segera Cair

Insentif Nakes Kabupaten Tasik Segera Cair

radartasik.com, SINGAPARNA — Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto memastikan insentif tenaga kesehatan (nakes) akan dicairkan tahun ini. Namun belum rampungnya pengusulan administrasi atau verifikasi data nakes, menjadikan anggaran belum bisa dicairkan menyeluruh.


Ade mengatakan insentif tenaga kesehatan dari awal sudah harus cair. Namun tergantung kepada pengusulan administrasi atau verifikasi data tenaga kesehatan.

“Ada yang sudah diverifikasi, ada juga yang belum. Kalau dari sisi keuangan, kita semakin baik semakin cepat. Hari ini kami siap, dari kemarin juga siap penyerapan anggaran jauh lebih baik. Uang juga turun ke masyarakat. Akan tetapi tetap mana yang lebih dulu administrasinya beres,” ungkap Ade.

Pemerintah daerah, kata Ade, tidak gegabah mengeluarkan anggaran, termasuk dalam pencairan insentif nakes yang saat ini ditanggung pemerintah daerah. Kata dia, administrasi atau verifikasi data dan pengajuannya harus jelas. “Sekarang ini kan orang tidak bisa begitu saja cair-cair, jadi harus benar. Tidak sekadar cair,” tegasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen menambahkan pemerintah sudah mempersiapkan soal insentif nakes.

“Insya Allah kemarin karena aturan datangnya setelah APBD kita berjalan, kemarin kita sudah membahasnya. Mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kemarin sudah dilaporkan secara utuh dari kami selaku ketua TAPD kepada pimpinan atau pak bupati,” terang Zen.

Lanjut dia, bupati sudah mengeluarkan kebijakan dalam bentuk regulasi. Tidak akan lama lagi penyaluran insentif nakes dilakukan.

“Karena kita tidak ingin melakukan langkah yang nantinya kurang sempurna. Maka harus disempurnakan langkahnya dengan verifikasi data. Kalau dari sisi uang kita sudah mempersiapkan,” ungkap dia.

Diupayakan Agustus sudah mulai bisa direalisasikan bagi insentif nakes. Dengan tetap mengacu kepada verifikasi data yang ada. “Kalau dari sisi uangnya kita sudah ada, tinggal penyempurnaan data jumlah tenaga kesehatan,” paparnya. Dia menyebut anggaran yang akan dibayarkan dalam satu tahun ini untuk insentif nakes sekitar Rp 30 miliar. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: