6,5 Ton Beras dan 1.300 Paket Bansos untuk Warga Terdampak PPKM Darurat Didistribusikan

6,5 Ton Beras dan 1.300 Paket Bansos untuk Warga Terdampak PPKM Darurat Didistribusikan

radartasik.com, KOTA TASIK -  Bantuan Sosial (Bansos) sembako dari pemerintah pusat bagi warga yang terdampak PPKM Darurat di Kota Tasikmalaya, mulai cair hari ini.

Jumat (23/07/21) siang, pendistribusian bansos tersebut mulai disalurkan. 

Proses pelepasan aparat Polri dan TNI yang mengantarkan bantuan itu dilakukan di Mapolres Tasikmalaya Kota.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf mengatakan, bansos ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Pemkot Tasik disalurkan TNI dan Polri. 

"Karena kalau diserahkan kepada pemerintah daerah, pusat sudah memaklumi kita akan kewalahan. Sehingga saat ini TNI dan Polri turun langsung kepada masyarakat," katanya kepada radartasik.com usai pendistribusian.

Saat ini TNI dan Polri terus melaksanakan kegiatan bantuan itu, baik berupa bansos dan vaksin. Walaupun Pemkot Tasikmalaya juga melaksanakan tugas tersebut.

"Dengan adanya bantuan ini kita bisa membagi tugas secara baik dan merata. Disini memang membutuhkan sinergitas dan harmonisasi antara TNI, Polri dan pemerintah daerah," terangnya.

Yusuf berharap dengan adanya sinergitas tersebut bisa menyelesaikan permasalah Covid-19 di wilayah Kota Tasikmalaya. 

"Untuk jumlahnya bansos pak Kapolres yang menjelaskan. Karena saat ini di Pemerintah Derah juga sedang mempersiapkan bantuan untuk warga yang isoman," bebernya.

"Kita akan terus turun kepada masyarakat meberikan bantuan itu, termasuk terus turun meberikan bantuan obat-obatan kepada masyarakat secara langsung. Mudah-mudahan ini bisa menyelesaikan permasalah Covid-19," sambungnya.

Yusuf juga, menitipkan tetap melakukan sosialisasi berkaitan dengan Prokes, apalagi saat ini Kota Tasikmalaya masih berada di level IV yang artinya level kurang baik. 

"Bila turun ke level II Insya Allah akan banyak kelonggaran. Makanya saya titip kepada masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan betul-betul di jaga," pesannya.

Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan menambahkan, bansos ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak oleh Covid-19. 

Termasuk kegiataan yang dilaksanakan oleh TNI-Polri dan pemerintah daerah seperti ini juga sudah dilaksanakan sejak beberapa hari lalu pada saat pelaksanaan PPKM darurat dan dilanjutkan dengan PPKM level. 

"Hari ini diperkuat lagi dengan penyaluran bantuan sosial, dan kita ketahui dengan adanya PPKM darurat dan dilanjutkan dengan PPKM level, ekonomi masyarakat terdampak," tambahnya.

Jelas Doni, di satu sisi petugas melaksanakan penegakan aturan PPKM Level IV, juga melaksanakan kegiataan kemanusiaan yakni memberikan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak.

"Hari ini kita kita distribusikan sebanyak 1.300 paket Sembako, ada beras juga 6.500 kilogram. Ini akan terus berlanjut, karena secara bertahap nanti akan ada bantu dari pemerintah  pusat dan TNI Polri akan membantu masyarakat terdampak," jelasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: