Pemdes Sukamulih Tasikmalaya Salurkan Alat Pemusnah Sampah

Pemdes Sukamulih Tasikmalaya Salurkan Alat Pemusnah Sampah

radartasik.com, SARIWANGI — Pemerintah Desa Sukamulih Kecamatan Sariwangi memberikan alat pemusnah sampah kepada perwakilan warga di empat kedusunan. Pemberian alat tersebut untuk menangani persoalan sampah di wilayah masing-masing.


“Jadi ini alatnya kami berikan satu unit per kedusunan. Anggarannya dari Dana Desa. Dengan menggunakan mesin penghancur sampah, nanti bisa mengolah sampah menjadi pupuk organik yang bisa dimanfaatkan untuk semua tanaman,” ujar Kepala Desa Sukamulih R Tono Cahya Purnama, Rabu (21/7/2021).

Tono mengatakan biasanya sampah itu dibuang disembarang tempat. Dia berharap dengan adanya alat pemusnah sampah, masyarakat di setiap kedusunan lebih menjaga kebersihan lingkungannya.

Dengan adanya alat pun otomatis membentuk petugas khusus untuk pengambilan sampah ke rumah-rumah warga. “Masyarakat bisa diedukasi terkait pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, sehingga ke depannya tidak ada yang buang sampah sembarangan dan dapat memperlakukan sampah dengan baik dan bermanfaat,” kata dia.

Warga disarankan mengolah sampah di rumahnya masing-masing sebelum dibuang ke tempat pemusnah sampah. Pasalnya sampah akan terus mengalami peningkatan jika tidak diatasi sejak dini.

“Terkait persoalan sampah menjadi salah satu prioritas. Kami ingin menjadi percontohan bagi yang lainnya, bisa menyelesaikan sampah di skala desa. Dengan harapan menjadi Tasik Bersih, Tasik Bebas sampah,” kata dia. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: