Ratusan Warga Binaan Lapas Kota Banjar Divaksin

Ratusan Warga Binaan Lapas Kota Banjar Divaksin

radartasik.com, BANJAR - Guna memutus rantai penyebaran Covid-19, ratusan warga binaan Lapas Klas IIB Banjar, divaksin bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjar. 

Kalapas Banjar, Muhammad Maulana mengatakan pelaksanaan vaksinasi ini sebagai upaya untuk melindungi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh warga binaan, agar tidak mudah terpapar Covid-19. 

"Jumlah warga binaan Lapas Banjar 428 orang. Namun yang terdaftar untuk divaksin sebanyak 418, sisanya 10 orang lainnya sedang menjalani asimilasi," kata dia kepada wartawan, Sabtu (17/07/21). 

Dia menjelaskan, mengingat banyaknya jumlah warga binaan, maka pelaksanaan vaksinasi dosis pertama dibagi dalam dua tahap. 

Tahap pertama dilaksanakan pada Kamis (15 /07/21) kemarin, dan tahap kedua hari ini. Hal itu dilakukan dalam meminimalisir terjadinya  kerumunan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr H Andi Bastian melalui Kabid P2P dr H Agus Budiana Ekaputra menambahkan, pemerintah memberikan prioritas kepada warga binaan untuk segera divaksin.

"Mengingat resistensi interaksi yang begitu tinggi dan sulit dihindari. Maka mereka harus segera divaksin," jelasnya.

Dia menjelaskan, pemberian vaksinasi ini tidak serta merta warga binaan terbebas dari Covid-19. Namun, selanjutnya tetap menerapkan Prokes.

Karena vaksin ini sebagai ikhtiar dalam memberi perlindungan. Memperkuat daya tahan tubuh, meski bisa terpapar namun tidak terlalu parah. 

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: