Tanpa Klub di Eropa, Eder Bisa Pindah ke Asia, Siapa Mau?

Tanpa Klub di Eropa, Eder Bisa Pindah ke Asia, Siapa Mau?

Radartasik.com, JAKARTA — Nama aslinya: Ederzito Antonio Macedo Lopes. Nama pendeknya: Eder. Ia menjadi pembawa trofi di final Euro 2020. Pahlawan Portugal itu menyimpan kisah miris soal karier sepak bolanya.

Lima tahun lalu, Eder tampil sebagai pencetak gol kemenangan negaranya atas Prancis di final Euro 2016.

Menerima sodoran Joao Moutinho, striker kelahiran Guinea-Bissau itu menggiring bola mendekati kotak penalti dan melepaskan sepakan yang tak mampu dibendung Hugo Lloris.

Berkat gol tunggal Eder, Cristiano Ronaldo dkk pun tampil sebagai juara Euro 2016. Sayangnya, Eder mengalami nasib miris selepas Euro 2016.

Namanya seperti hilang meski dialah pahlawan kemenangan Portugal. Ia kerap berpindah-pindah klub, termasuk pernah membela klub elite Rusia, Lokomotiv Moskow.

Di Rusia, karier Eder sangatlah redup, meski ikut merasakan satu gelar Liga Primer Rusia dan dua Piala Rusia.

Selama empat musim di sana, Eder hanya bisa mencetak 13 gol dari 102 penampilan. Bahkan musim lalu, ia gagal mencetak sebiji gol pun.

Ia kini berstatus tanpa klub setelah dilepas Lokomotiv Moskow pada akhir musim 2020/2021.

Hal yang sama juga terjadi di level tim nasional. Eder jarang dilirik pelatih Fernando Santos yang membesut Portugal setelah Euro 2016.

Dengan status bebas transfer, tentu saja Eder bisa dengan bebas pergi klub yang membayarnya tinggi. Namun, kualitasnya yang stagnan di Rusia membuat klub Eropa berpikir merekrutnya.

Jalan pintas, bisa saja Eder berlabuh ke klub Asia atau Indonesia. Jika bergabung dengan klub Indonesia, ia akan menjadi pemain kelas dunia yang bermain di kompetisi Tanah Air, seperti Michael Essien, Eric Djemba-djemba, ataupun Marco Motta.

Apalagi gairah sepak bola Indonesia lebih tinggi di kawasan Asia. Fanatisme sepak bola di Indonesia menjadi daya tarik pemain dunia datang.

Hal ini ditunjukkan dengan kesetiaan Motta di Persija karena melihat loyalitas Jakmania (suporter Persija) dalam memberikan dukungan kepada Macan Kemayoran. (pa/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: