Fakta Sempurna Lionel Messi bersama Argentina

Fakta Sempurna Lionel Messi bersama Argentina

Radartasik.com, BRASIL — Superstar Argentina Lionel Messi boleh jadi menjadi pemain yang paling bahagia untuk saat ini.

Mengapa? Setelah lebih dari satu dekade bergelimang gelar individu dan klub, Messi sukses mengangkat trofi pertama bersama tim nasional senior.

Selain itu, Si Kutu –julukan Lionel Messi– membawa Argentina menjuarai Copa America 2021. Lawan yang dihempaskannya pada laga final pun merupakan musuh bebuyutan Tim Tango: Brasil.

Tak kalah istimewa, kemenangan itu didapat di kandang Brasil, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (11/07/2021) pagi WIB.

Selain timnya juara, La Pulga –sebutan Lionel Messi– dinobatkan sebagai top skor (empat gol) dan bersama bintang Brasil Neymar menjadi pemain terbaik.

Inilah fakta-fakta Lionel Messi dan Argentina juara Copa America 2021 dikutip dari berbagai sumber.

1. Juara Copa America 2021 menjadi trofi ke-15 bagi Argentina atau sejajar dengan Uruguay yang menjadi tim tersukses di ajang tersebut.

2. Itu merupakan gelar pertama yang diangkat Lionel Messi bersama Timnas Argentina senior sejak promosi pada 2005.

3. Gol Angel Di Maria menjadi first shoot on goal dalam laga tersebut sekaligus sentuhan pertama Argentina di kotak penalti Brasil.

4. Lionel Messi sudah memainkan 11 pertandingan melawan Brasil dengan empat kemenangan, sekali seri dan empat kali kalah, salah satu kekalahan terjadi di final Copa America 2007.

5. Messi sudah lima kali membobol gawang Brasil atau tertinggi kedua setelah Bolivia dan Cile.

6. Final Copa America 2021 menampilkan tim yang paling banyak mencetak gol di babak pertama (Argentina 8 gol) melawan tim yang paling banyak mencetak gol di babak kedua (Brasil 8 gol).

7. Argentina dan Brasil sudah tiga kali bertemu di final Copa America.

8. Pertemuan pertama keduanya terjadi pada 1937 yang dimenangkan Argentina. Sedangkan Brasil menang pada 2004 dan 2007.

9. Final Copa America 2021 menjadi yang keempat dan dimenangkan Argentina dengan skor tipis 0-1 atas Brasil.

10. Lionel Messi dan Neymar sudah lima kali saling berhadapan. Messi meraih tiga kemenangan (dua Argentina dan satu Barcelona). Sedangkan Neymar memiliki dua kemenangan bersama Timnas Brasil.

11. Gol Argentina di kandang Brasil pada ajang Copa America menjadi yang pertama setelah tiga laga berturut sebelumnya tanpa bisa melakukannya.

12. Kali terakhir Argentina membobol gawang Brasil di kandangnya terjadi pada 1979. Tapi saat itu, Argentina kalah dengan skor 2-1.

13. Argentina dan Brasil total sudah 33 kali bertemu di Copa America.

14. Catatannya, Argentina menang 15 kali, sedangkan Brasil menang 10 kali. Sedangkan 8 laga berakhir seri.

15. Argentina dan Brasil kali terakhir bertemu di Copa America edisi 2019. Saat itu, Brasil memulangkan Argentina dengan skor 2-0 di laga semifinal. (ruh/pjs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: