RS di Priangan Timur Kekurangan Oksigen, Uu Ontrog Gudang di Cilembang Kota Tasik

RS di Priangan Timur Kekurangan Oksigen, Uu Ontrog Gudang di Cilembang Kota Tasik

KOTA TASIK - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke salah satu gudang oksigen di Cilembang, Kecamatan Mangkubumi, Sabtu (03/07/21) sore.

Uu sengaja melakukan sidak ini setelah beredar kabar terjadi kelangkaan oksigen di rumah sakit-rumah sakit yang menjadi rujukan isolasi Covid di Priangan Timur.

"Jadi saya lakukan sidak ini setelah saya inspeksi di Bandung Raya tentang PPKM Darurat. Karena informasi dan saya langsung melihat bahwa rumah sakit banyak yang kekurangan oksigen," katanya kepada wartawan.

"Sehingga banyak pasien yang menurut informasi tak diberikan oksigen dalam pelayanan. Padahal pasien itu perlu mendapat oksigen untuk membantu pernafasan," sambungnya.

Terang dia hasil sidak ini ternyata pihak gudang tak tahu di rumah sakit terjadi kekurangan oksigen walaupun saat pandemi ini permintaan meningkat. 

"Biasanya 1 rumah sakit habis 50 tabung, sekarang 1 rumah sakit habis 135 tabung. Dan semua permintaan dari pihak rumah sakit terpenuhi akhirnya karena permintaan oksigen untuk pengusaha ikan dan lainnya distop dulu," terangnya.

Semua, beber Uu, disarankan diarahkan ke kebutuhan medis di rumah sakit di Priangan Timur. Pihak pengelola gudang oksigen pun sudah benar mengutamakan kemanusiaan.

"Tapi ada kelangkaan itu karena terlalu banyak permintaan kebutuhan. Mungkin ada kelemahan dalam pendistribusian saja. Jadi sampai hari ini sebenarnya oksigen aman," bebernya.

Hanya saja, tambah Uu, harus memenuhi proses administrasi aja, karena pelayanan pihak distributor bisa 24 jam tapi melalui mekanisme.

"Kalau untuk perorangan tak dilayani ke sini tapi kebijakan ini akan disampaikan ke pimpinan karena masyarakat harus mendapatkan pelayanan yang sama walaupun diisolasi mandiri," jelasnya. (rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: