Oknum Pendamping Diduga Lakukan Penyelewengan Dana Bansos PKH, Polri pun Lakukan Pengusutan

Oknum Pendamping Diduga Lakukan Penyelewengan Dana Bansos PKH, Polri pun Lakukan Pengusutan

Radartasik.com, JAKARTA — Polri tengah mengusut dugaan penyelewengan dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) yang dilakukan oknum pendamping PKH. Dugaan penyelewengan dana bansos ini telah dilaporkan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto menegaskan penyelidikan telah dilakukan sejak laporan Mensos diterima. dan langsung mengumpulkan jumlah nomor kabupaten.


“Masih lidik untuk mengumpulkan bahan keterangan dan informasi dari beberapa kabupaten,” katanya, Rabu (30/06/2021).


Dijelaskannya, pengumpulan data membutuhkan waktu dan perlu pendalaman terkait adanya oknum pendamping PKH yang menyelewengkan hak untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Namun, laporan tertulis Mensos Tri Rismaharini menjadi dasar untuk memperkuat data di lapangan.


“Laporan tertulis untuk kita dalami. masih lidik untuk memperkuat data dan informasi dari beliau ( Mensos Tri Rismaharini),” terangnya.


Terkait wilayah mana saja yang terlupakan terjadi penyelewengan PKH, Agus belum merinci lebih lanjut.


“Masih didalami,” kata Agus.


Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam kunjungannya di Balai Desa Kanigoro, Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengatakan telah melaporkan dugaan penyelewengan dana PKH oleh oknum pendamping PKH kepada Bareskrim Polri.


Melalui tertulisnya, Selasa (29/06/2021), Risma menegaskan pemerintah akan menindak tegas beberapa orang pendamping PKH yang berani mengambil hak Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


“Saya telah berkomunikasi dengan Bareskrim Polri agar cepat menangani oknum pendamping PKH dan laporannya sudah satu pekan lalu,” ujar Risma. (gw/sirip)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: