Hari Ini, Jumat 29 April 2022, Diprediksi Mulai Puncak Arus Mudik, Jalur Tenjowaringin-Cikunir, Tasik Ramai

Hari Ini, Jumat 29 April 2022, Diprediksi Mulai Puncak Arus Mudik, Jalur Tenjowaringin-Cikunir, Tasik Ramai

Radartasik, TASIKMALAYAPolres Tasikmalaya memprediksi bahwa hari ini Jumat 29 April 2022 atau H-3 menjelang Lebaran akan mulai terjadi puncak arus mudik di jalur Tenjowaringin-Cikunir, Kabupaten Tasikmalaya.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya, AKP Ryan Faisal mengatakan, kepadatan lalu lintas kendaraan pemudik akan terjadi pada sore hari.

"Hari ini mulai puncak arus mudik untuk jalur ini," kata AKP Ryan Faisal kepada radartasik.disway.id, Jumat (29/4/2022).

Prediksi bahwa sore hari ini akan mulai terjadi arus mudik, kata AKP Ryan Faisal, karena dimulainya cuti bersama pada libur hari Raya Idul Fitri ini.

"Hari ini kan sudah muali liburnya para pegawai di luar kota, maka hari ini pula mulai terjadinya puncak arus mudik," kata AKP Ryan Faisal.

Titik puncak arus mudik diprediksi terjadi hingga Minggu 1 Mei 2022 atau H-1 Lebaran.

"Walaupun sejak kemarin sudah terpantau ada kendaraan yang melaksanakan mudik, hanya tidak banyak," kata AKP Ryan Faisal.

Berbagai antisipasi telah dilakukan Polres Tasikmalaya untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan para pemudik.

Beberapa langkah tersebut, kata AKP Ryan Faisal, seperti rekayasa lalu lintas di pusat perkotaan dan juga menyediakan pos-pos pelayanan.

"Untuk jalur rawan bencana, kami sediakan alat berat, dan perkotaan siapkan rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan," kata AKP Ryan Faisal menjelaskan.

pemudik Mulai Memadati Jalur Gentong

Arus kendaraan para pemudik Lebaran 2022 mulai memadati jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Pantauan pada Kamis (28/4/2022) malam, pemudik yang melintasi jalur Gentong menggunakan mobil dan sepeda motor.

Pengamatan di Pos Pengamanan Terpadu Leter U Gentong, Kabupaten Tasikmalaya pada pukul 21.45 WIB, terlihat volume kendaraan sudah mulai meningkat yang didominasi kendaraan pribadi roda empat dan bermotor.

Hal itu diungkapkan Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Aszhari Kurniawan saat di Pos Pengamanan Terpadu Leter U Gentong memantau arus kendaraan para pemudik.

"Arus lalu lintas tersebut meningkat dari arah Bandung menuju Jawa Tengah melalui Tasikmalaya dan Ciamis lalu ke Banjar," paparnya.

Dia mengimbau kepada para pengguna jalan khususnya bagi para pengemudi roda empat maupun pengendara roda dua, bila mana merasa kelelahan atau mengantuk silakan untuk berhenti di rest area atau Posko Pengamanan Terpadu di Leter U Gentong.

'Kami menyiapkan berbagai fasilitas untuk bisa para pemudik istirahat. Dipersilahkan apabila sudah merasa segar untuk melanjutkan kembali perjalanannya," imbau AKBP Aszhari Kurniawan.

Dia juga berpesan agar tetap berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan dan jaga kesehatannya.

"Bilamana pemudik lelah maka beristirahat dahulu di lokasi tadi," pesan AKBP Aszhari Kurniawan.

Polri Memberlakukan One Way

Kepolisian lalu lintas, Korlantas Polri mengumumkan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022, pihaknya telah memberlakukan skema one way di sepanjang jalur mudik.

Pada H-4 menjelang Lebaran 2022, kepolisian merilis dan memberlakukan jadwal sistem one way atau saru arah dari arah Jakarta menuju Jawa.

Sistem tersebut juga ditambah dengan berlakukan sistem Ganjil Genap guna mengatasi pengurangan volume kendaraan di jalur mudik saat ini.

Sisem one way atau satu arah dan ganjil genap, berlaku hari ini, Jumat 29 April 2022 di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek dan menuju Jawa.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengungkap, pihaknya telah memprediksi sebanyak 14 juta masyarakat dari Jabodetabek akan melakukan perjalanan mudik.

Ia menyebutkan bahwa 4,2 juta orang yang mengendarai mobil pribadi dan 2,8 juta pengguna sepeda motor akan memadati jalur mudik.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi lonjakan pemudik, polisi akan menerapkan skema pengaturan arus lalu lintas seperti ganjil genap (gage) dan one way.

"Untuk jadwal one way yang pertama akan dilaksanakan Kamis, 28 April 2022 khususnya pukul 17.00-24.00 WIB dimulai dari KM 47 sampai dengan KM 414," ujar Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Pos Pantau Mudik KM 47, Cikampek, Rabu 27 April 2022.

Kata Sambodo, mulai pukul 00.00-17.00 WIB arus lalu lintas akan berjalan normal tanpa one way.

Kemudian, saat memasuki pukul 17.00 WIB barulah pihak kepolisian menerapkan one way.

"Begitu pukul 17.00 di KM 47 akan dibuka sodetan sehingga bisa langsung ke kanan dan one way langsung ke Semarang," jelasnya.

Bersamaan dengan penerapan one way, Sambodo menyebut pihaknya juga akan melaksanakan ganjil genap (gage).

Filterisasi Ganjil Genap di Pintu Tol

Mulai Jumat (29/4/2022), kendaraan yang bisa memasuki tol merupakan pemilik pelat nomor polisi genap.

Adapun berdasarkan hasil rapat koordinasi antara Ditlantas Polda Metro Jaya, Korlantas Polri dan Jasa Marga maka diputuskan filterisasi one way tidak dilaksanakan di dalam tol, melainkan di gerbang tol.

"Tapi akan dilaksanakan filterisasi di gerbang tol, jadi ada beberapa gerbang tol yang akan menerapkan gage pada saat diberlakukannya one way," jelasnya.

Kebijakan ganjil genap dan one way ini akan mulai berlaku di Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Pusat hingga Cibatu.

Di tiap gerbang tol nantinya dilakukan filterisasi one way, yakni 28-29 April 2022 mulai pukul 17.00-24.00 WIB.

Kemudian, 30 April dan 1 Mei 2022, filterisasi one way dimulai pukul 07.00-24.00 WIB.

"Pada saat malam ini, akan diberlakukan one way di akses gerbang tol yang akan masuk ke Tol Cikampek," ujar Sambodo.

Berikut jadwal sistem One Way (satu arah) dan Ganjil Genap di Tol Jakarta-Cikampek:

Jumat 29 April 2022
Mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Km 47 Tol Cikampek sampai dengan Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung. (ujang nandar / rezza rizaldi / radartasik.disway.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: