Pemdes Sukaraja Rajapolah Hidupkan Kembali Paguyuban Pencak Silat

Pemdes Sukaraja Rajapolah Hidupkan Kembali Paguyuban Pencak Silat

radartasik.com, RAJAPOLAH - Pemerintah Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya menyerahkan bantuan alat Musik Sunda berupa satu set Gamelan kepada Paguyuban Pencak Silat Gelar Budi Kencana di halaman Kantor Desa Sukaraja, Sabtu (19/06/21).

Asep Nandang, Kepala Desa Sukaraja mengatakan, Paguyuban Sukaruas jika mendengar sejarah dari tokoh paguyuban, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di wilayah tersebut sudah 25 tahun hilang tidak berjalan sama sekali. 

"Aspirasi mereka sangat kuat dan berharap besar kepada Pemerintah Desa, bagaimana caranya paguyuban ini bisa berjalan dan berdiri kembali. Tentunya, demi mempertahankan sejarah nenek moyang kita, yakni pencak silat," ujarnya kepada Radar, Minggu (20/06/21).

Harapan besar mereka, bagaimanaa pemerintahan desa bisa mendorong, membantu dan memfasilitasi peralatan yang dibutuhkan oleh paguyuban. 

"Alhamdulillah, selaku Pemdes Sukaraja, berdasarkan hasil musyawarah bersama bisa memfasilitasi sesuai permintaan paguyuban," tuturnya. 

Kata dia, beberapa alat yang diserahkan, diantaranya satus set gendang, suling, gong, pakaian untuk struktur kepengurusan 30 orang, pakaian khusus pelatih dan juga speaker aktif berukuran besar, serta lainnya. 

"Jumlah paguyuban di Sukaraja ada 3. Yakni di Sukaruas yang salah satunya ini bisa eksis kembali, di Tejamaya dan Sukahurip. Sementara yang dua lagi itu, sampai saat ini belum terbentuk kepengurusan apalagi kegiatan," ucapnya.

Asep menambahkan, Pemdes Sukaraja baru bisa memberikan peralatan kepada paguyuban dan kepengurusnya yang aktif sekaligus kegiatannya ada. 

"Untuk aktifitas dan tempat, mereka sudah mampu membuat saung untuk tempat latihan dan bisa menyewa tempat itu," ujarnya.

Hal tersebut, ujar Asep, menjadi suatu motivasi dan dukungan dari para tokoh masyarakat, agama dan lingkungan sekitar yang begitu perhatian. 

"Peserta yang dilatih dan daftar ke paguyuban Gelar Budi Kencana itu ada dari setiap kedusunan. Diantaranya dari Sukaruas, Bungursari, Cicariu, Babakan, Sukaraja, Sukaruji dan Cibubuhan, yang jumlahnya lumayan sangat banyak," ungkapnya.

(radika robi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: