Pengisi Suara Doraemon, Nobuyo Oyama Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun

Sabtu 12-10-2024,06:00 WIB
Reporter : Dela Fitriani
Editor : Andriansyah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Kabar Duka dari Dunia Seiyuu (Pengisi Suara), Nobuyo Oyama, yang dikenal sebagai pengisi suara Doraemon, telah meninggal dunia pada usia 90 tahun.

Kabar ini baru disampaikan oleh keluarga pada Jumat, 11 Oktober 2024 yang kemudian dipublikasikan oleh agensi Actors Seven, meskipun ia telah meninggal pada 29 September 2024.

BACA JUGA:LPHD Pangalima Jerrung Konsisten Jaga Hutan Libatkan Pelajar SMA dan SMK, Zakaria: Terimakasih KLK

Lahir dengan nama asli Nobuyo Yamashita di Shibuya, Tokyo, pada 16 Oktober 1933, Nobuyo telah menjadi bagian penting dari dunia anime Jepang, terutama melalui karakter Doraemon yang sangat dikenal di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Perjalanan Karier Nobuyo Oyama

Nobuyo memulai kariernya sebagai pengisi suara pada tahun 1965 dengan mengisi karakter Punch dalam anime Hustle Punch.

Namun, nama Nobuyo mulai dikenal luas pada tahun 1979, ketika ia mulai mengisi suara karakter Doraemon dalam anime dengan judul yang sama.

Perannya sebagai Doraemon berlangsung selama 26 tahun, hingga tahun 2005, ia juga menyanyikan lagu anime tersebut yang berjudul "Doraemon no Uta". Karakter Doraemon yang ia suarakan begitu melekat di hati para penggemar.

BACA JUGA:Tak Hanya Cikurubuk, Pasar Indihiang Juga Akan Direvitalisasi Yusuf-Hendro Jika Terpilih

Selain Doraemon, Nobuyo Oyama juga dikenal melalui perannya sebagai Monokuma dalam seri game dan adaptasi anime Danganronpa.

Ia memerankan karakter antagonis ini dengan ciri khas suara yang kuat dan penuh emosi, membuatnya semakin dikenang oleh para penggemar anime.

Nobuyo juga terlibat dalam beberapa anime lainnya seperti Hazedon, Oniku Daisuki! Zeushi-kun, dan berbagai proyek lain yang menambah warna dalam industri anime Jepang.

Menghadapi Tantangan Kesehatan Sejak 2008

BACA JUGA:Mpok Alpa Beri Nama Anak Kembarnya Mirip Raffi Ahmad, Ini Alasannya!

Pada tahun 2008, Nobuyo Oyama mengalami infark serebral, yang kemudian berlanjut dengan diagnosis demensia pada tahun 2012.

Kategori :