Jadwal Pencairan Dana PIP 2024, Informasi Lengkap dan Cara Cek Penerima

Rabu 09-10-2024,12:00 WIB
Reporter : Aisah
Editor : Andriansyah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Program Indonesia Pintar (PIP) terus menjadi andalan pemerintah dalam memberikan bantuan pendidikan kepada siswa-siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Di tahun 2024, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dana sebesar hingga Rp1,8 juta disalurkan kepada siswa yang memenuhi kriteria tertentu.

BACA JUGA:Pencairan Bantuan PIP 2024: Simak Panduan Lengkap untuk Siswa dan Orang Tua

Apa Itu Program Indonesia Pintar (PIP)?

Program Indonesia Pintar merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa siswa dari keluarga kurang mampu tetap mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Dana PIP ini diberikan untuk membantu kebutuhan sekolah, seperti membeli perlengkapan belajar, buku, hingga membayar biaya pendidikan.

Siswa yang telah melakukan aktivasi rekening SimPel di bank penyalur seperti BNI, BRI, atau BSI dapat segera mencairkan dana yang diberikan.

Namun, kapan tepatnya dana PIP Kemdikbud 2024 akan cair? Inilah pertanyaan yang sering muncul di masyarakat.

Berikut jadwal pencairan dana PIP 2024 dan bagaimana cara memantau pencairan dana tersebut.

Jadwal Pencairan Dana PIP Kemdikbud 2024

Pencairan dana PIP di tahun 2024 dilakukan secara bertahap dalam tiga termin, dan saat ini penyaluran memasuki Termin Ketiga, yang berlangsung dari bulan September hingga Desember 2024.

Siswa yang telah melakukan aktivasi rekening SimPel diperkirakan akan menerima pencairan dana paling cepat dua minggu setelah aktivasi dilakukan.

BACA JUGA:Rekrutmen CASN 2024: Kemenag 110.553 Formasi, Kemenkes 40.541 Formasi, Kemendikbud 23.200 Formasi

Berikut adalah rincian jadwal pencairan dana PIP termin ketiga:

Termin 3: September, Oktober, November, Desember 2024

Kategori :