Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Bagi Remaja, Poltekkes Kemenkes Gelar Program Pengabdian di Sukahurip

Minggu 01-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya melalui jurusan Kebidanan, menyelenggarakan Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2024 dengan fokus pada edukasi kesehatan reproduksi dan kesiapsiagaan bencana bagi remaja. 

Kegiatan PKM ini berlangsung di Kelurahan Sukahurip, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, pada Sabtu 3 Agustus 2024.

Ketua Tim Pelaksana, Ein Rohmatin, SST., M.Kes., menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pendampingan langsung kepada remaja terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana krisis kesehatan. 

“Kami memilih kegiatan ini karena tingginya potensi bencana dan kurangnya pengetahuan remaja mengenai kesiapsiagaan dalam menghadapi krisis kesehatan,” ujarnya.

BACA JUGA:Resep Udang Balon ala Sibungbung yang Lagi Viral, Rahasia Mengembang Sempurna dan Lezat

Sebagai media edukasi, tim menggunakan "Comic Book Aksi Sera," yang dirancang untuk membantu remaja memahami langkah-langkah yang perlu diambil sebelum, saat, dan setelah bencana terjadi. 

"Kami memberikan wawasan melalui comic book ini untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana krisis kesehatan," jelas Ein.

Dosen lain yang turut hadir, Laila, menambahkan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tingginya kejadian bencana di daerah Tamansari dan minimnya pengetahuan remaja tentang kesiapsiagaan. 

“Dengan edukasi ini, diharapkan remaja lebih siap dan memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi situasi krisis kesehatan di masa depan,” jelasnya.

BACA JUGA:Buruan Daftar Yuk! Citilink Buka Program Magang untuk 4 Posisi

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapan remaja di Kelurahan Sukahurip dalam menghadapi bencana krisis kesehatan, serta memperkuat peran mereka dalam masyarakat.

Kategori :