Menua Bahagia dan Produktif, Menghindari Lansia Terlantar di Kota Tasikmalaya

Rabu 14-08-2024,20:00 WIB
Reporter : Ayu Sabrina
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Menjadi lanjut usia adalah proses alami, namun mempersiapkan masa tua yang bahagia bisa dimulai sejak dini. Persiapan matang memungkinkan lansia untuk mengurangi beban anak-anak mereka tanpa merasa diabaikan.

Ipa Zumrotul Palihah, Direktur Taman Jingga, menjelaskan bahwa dengan menerapkan gaya hidup sehat dan literasi keuangan sejak muda, seseorang dapat menikmati masa tua yang bahagia. 

"Masa tua seharusnya menjadi masa bahagia. Jika selama ini tua identik dengan kurang tenaga dan tidak produktif, seharusnya kita bisa memanfaatkan akal sehat dan berikhtiar untuk tetap produktif," ujarnya setelah memberikan materi dalam diskusi bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unsil, kemarin Selasa, 13 Agustus 2024.

Ipa menambahkan bahwa persiapan masa tua sering kali dianggap remeh. Banyak orang tua tidak memikirkan hal ini dengan serius, padahal perencanaan sebaiknya dimulai sejak muda. 

BACA JUGA:Rumah Panggung di Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Hangus Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

"Tema ini penting meski jarang dibahas. Penting untuk diangkat agar semua orang lebih siap menghadapi masa tua," katanya.

Menurut Ipa, banyak anak yang tidak bisa merawat orang tua mereka bukan karena kurang bakti, tetapi karena beban hidup yang berat dan ekonomi yang semakin menekan. 

Meskipun demikian, tanggung jawab anak terhadap orang tua tidak berkurang. Setiap orang tua berhak mendapatkan kasih sayang dari anak-anak mereka, meskipun anak sudah mandiri.

"Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental di masa tua, persiapan harus dimulai dari sekarang. Pola hidup dan pola pikir yang sehat sangat penting untuk masa tua yang bahagia dan produktif," jelasnya.

BACA JUGA:Menakar Dampak El Nino: Tantangan Pengembangan Sawah Tadah Hujan di Kota Tasikmalaya

Wakil Ketua Umum 2 DWP Unsil, Hj Sri Rahmayati Gumilar, menambahkan bahwa seminar ini merupakan pilihan baik untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapan anggotanya menghadapi masa tua. 

Selain kesehatan fisik, penting juga untuk memperhatikan kesehatan keuangan. Pada kesempatan ini, hadir juga pembicara dari bank daerah yang memberikan informasi tentang perencanaan keuangan untuk masa tua.

"Kita sudah merasakan masa muda dan bahagia. Kini saatnya untuk mengembangkan diri dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman untuk menikmati masa tua dengan baik," ujarnya.

Kategori :