Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Lembaga Hisab Rukyat, Simak Link Persyaratan Dapatkan Uang Rp 50 Juta

Kamis 11-07-2024,17:32 WIB
Reporter : Ruslan
Editor : Ruslan

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Kementerian Agama buka pendaftaran bantuan lembaga hisab rukyat tahun 2024.

Program bantuan operasional lembaga hisab rukyat tahun ini akan diberikan kepada 10 lembaga. Masing-masing lembaga akan memperoleh uang Rp 50 juta.

Proses pendaftaran bantuan Kemenag ini dibuka sejak 8 - 18 Juli 2024. Pengumuman lembaga penerima bantuan pada 19 Juli 2024.

Sedangkan tahap verifikasi dan pencairan dana bantuan akan dilakukan secara bertahap mulai 22 Juli 2024.

BACA JUGA: Jadwal Peluncuran OPPO Reno 12 Series 5G di Indonesia, HP dengan AI Portrait dan Ai LinkBoost

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menjelaskan Kemenag memberi bantuan kepada lembaga hisab rukyat sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan.

Karena, tambah mantan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat ini, layanan hisab rukyat sangat berkaitan erat dengan ibadah yang dilakukan Kemenag.

Selain meningkatkan layanan di bidang hisab rukyat, kata dia, bantuan ini sebagai upaya meningkatkan minat masyarakat terhadap ilmu falak.

Dia menyadari bahwa minat masyarakat terhadap ilmu falak sangat minim.

BACA JUGA: Viman Alfarizi Ramadhan Segera Tentukan Pendampingnya untuk di Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, ini Kandidatnya

”Melalui pemberian bantuan ini, Kemenag berharap lembaga-lembaga tersebut ikut memberi edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya ilmu falak yang ditekuni lembaga hisab rukyat,” katanya seperti dilansir dari laman resmi Kemanag, Kamis 11 Juli 2024.

Sementara Ismail Fahmi, Kasubdit Hisab Rukyat dan Syariah Kemenag, menjelaskan bahwa bantuan ini bersifat stimulan yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan peralatan hisab rukyat.

Dana bantuan juga dapat digunakan untuk melakukan regenerasi ahli hisab rukyat, kemitraan, mendukung kebijakan Kemenag dalam hal layanan hisab rukyat dan memenuhi kelengkapan lembaga.

Syarat-syarat pengajuan bantuan lembaga hisab rukyat:

BACA JUGA: Spesifikasi Lengkap Galaxy Z Flip6: Apa Itu Super AMOLED FlexWindow?

Kategori :