Jalan tol ini nantinya membentang dari Jawa Barat hingga wilayang Jawa Tengah di Cilacap, sepanjang 206,65 kilometer. Berita terkait klik di sini.
Pembangunan jalan Tol Getaci termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional seperti tercantum pada Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.
Pembangunan jalan tol terpanjang di Indonesia ini akan dilakukan dalam 4 Seksi:
1. Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer.
2. Seksi 2 Gaut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer.
3. Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 kilometer.
4. Seksi 4 Patimuan-Cilacap yang jaraknya 34,35 kilometer.
Nilai investasi pembangunan ruas Tol Getaci yang akan jadi tol terpanjang di Indonesia ini mencapai Rp 56 Triliun.
Rencananya jalan tol dibangun dengan 2x2 lajur dengan lebar 3,6 meter.
Desain struktur terbagi tiga yaitu struktur at grade sepanjang 175,27 kilometer, struktur elevated sepanjang 22,26 kilometer, dan pile slab 9,12 kilometer.
Jalan Tol Getaci dari Gedebage atau arah barat akan terkoneksi ke jalan Tol Padalarang-Cleunyi.
Sementara dari arah timur yaitu Cilacap akan terkoneksi ke Tol Yogyakarya.
Tentunya setelah jalan Tol Getaci selesai dibangun maka perjalanan darat di jalur selatan Pulau Jawa akan lebih cepat.
Akses antarkota di Jawa Barat wilayah Priangan Timur yakni Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar, dan Pangandaran waktu tempuhnya semakin singkat.
Perjalanan Tasik-Bandung selama ini waktu tempuh dengan kondisi lalu lintas lancer sekitar 3 jam.