Mesin Pengolah Sampah Inovasi jadi Bahan Bakar, Forkopimda Kota dan Kabupaten Tasik Berguru ke Kodam III

Kamis 19-01-2023,20:05 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Tiko Heryanto

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota dan Kabupaten Tasikmalaya meninjau langsung mesin pengolah sampah inovasi Kodam III/Siliwangi di Bandung Barat, Kamis 19 Januari 2023.

Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol inf Raden Henra Sukmadjidibrata S.I.P, turut mendampingi kedua rombongan dari Tasikmalaya tersebut. 

Di sana, rombongan Forkopimda Kota dan Kabupaten Tasikmalaya berguru ke Kodam III/Siliwangi dengan penjelasan dari Suhaya yang menyosialisasikan teknik pengoperasian mesin pengolah sampah.

Rombongan juga meninjauan langsung pratik pengoperasian tata cara kerja mesin pengolah sampah inovasi tersebut.

BACA JUGA:Terimakasih Pak Kapolres, 5 Berandalan Bermotor Diamankan, 2 Lagi Masuk DPO

Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol inf Raden Henra Sukmadjidibrata S.I.P mengatakan, dalam hal menjaga kebersihan lingkungan hidup di era modern ini, pengolah sampah dengan mesin ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Bahwa sampah yang berserakan dan dibuang di mana saja ternyata ada manfaatnya," paparnya.

Dalam menangani penumpukan sampah di setiap TPS, terang dia, adanya mesin untuk pengolah sampah, bisa menggiling dan menghancurkan sampah.

"Serta bisa bermanfaat menjadi bahan bakar yang berupa karbon dan Alhamdulillah berkat inovasi Kodam III/Siliwangi sampah yang tadinya tidak berguna, sekarang menjadi sangat bermanfaat," terangnya.

BACA JUGA:Begini Langkah KPAID Kabupaten Tasik Soal Tingginya Pemohon Dispensasi Nikah di Bawah Umur

Sampah yang telah diolah dengan mesin, menurut Dandim, bisa diubah menjadi bahan bakar.

Dalam pertemuan itu Dandim didampingi Pasiter Kodim 0612 Tasikmalaya, Lettu Caj Yedi Supriadi, Bati Ter Serma Suyitno, Bati Bakti TNI Siter, Serma Acep Taufik serta Bamin Siter Kodim 0612 Tasikmalaya.

Kategori :